Megawati Soekarnoputri Genap Berusia 72 Tahun, Ini Perjalanan Politik Putri Bung Karno Itu

Ketua Umum PDI Perjuangan ( PDI-P) Megawati Soekarnoputrigenap berusia 72 tahun hari ini, Rabu (23/1/2019).

Istimewa
Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri di peringatan HUT ke-46 PDI-P 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ketua Umum PDI Perjuangan ( PDI-P) Megawati Soekarnoputrigenap berusia 72 tahun hari ini, Rabu (23/1/2019).

Sosok yang dikenal sebagai presiden kelima Indonesia ini merupakan anak proklamator dan presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Megawati diangkat sebagai presiden menggantikan Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang dilengserkan oleh hasil Sidang Istimewa MPR pada 2001. Megawati kemudian berpasangan dengan Hamzah Haz memimpin Indonesia sampai 2004.

Nama Megawati sendiri sudah dikenal sebelum reformasi bergulir.

Saat itu, Megawati bahkan diharapkan dapat berkiprah lebih luas sebagai oposisi di era Presiden Soeharto, saat ditunjuk menjadi ketua umum Partai Demokrasi Indonesia (cikal bakal PDI-P).

Baca: HUT ke-72 Megawati: Aksi Para Milenial, Peluncuran Buku hingga Reuni Menteri Kabinet Gotong Royong

Sosok Megawati kemudian berganti rupa menjadi simbol perlawanan terhadap Orde Baru, terutama setelah kepemimpinannya digoyang Pemerintah Soeharto.

Saat itu, Orde Baru tak mengakui kepemimpinan Megawati, dan mengesahkan kepemimpinan Soerjadi, pasca-terjadi dualisme di partai berlambang banteng.

Dualisme partai itu berujung tragedi, saat terjadi Peristiwa Sabtu Kelabu pada 27 Juli 1996 yang menewaskan dan menghilangkan sejumlah pendukung Megawati.

Meski begitu, saat Megawati berperan sebagai presiden, kasus 27 Juli 1996 dianggap banyak pihak belum juga tuntas. Sejumlah orang yang dituduh bertanggung jawab dalam kasus itu tak tersentuh hukum.

Baca: Megawati Berpesan Menangkan Jokowi: Menangis saat Ceritakan PDIP

Lalu bagaimana, kiprah Megawati Soekarnoputri dalam perpolitikan Tanah Air? Berikut perjalanannya:

Halaman
1234
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved