Fitur WhatsApp Terbaru Hanya Bisa Meneruskan Pesan Kepada Lima Orang, Berikut Penjelasannya

WhatsApp mulai membantasi fitur teruskan pesan atau forward, untuk mengantisipasi penyebaran berita bohong atau hoaks

Fitur WhatsApp Terbaru Hanya Bisa Meneruskan Pesan Kepada Lima Orang, Berikut Penjelasannya
Techlover
Ilustrasi percakapan WhatsApp 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - WhatsApp mulai membantasi fitur teruskan pesan atau forward, untuk mengantisipasi penyebaran berita bohong atau hoaks.

Pembatasan pesan diteruskan (forward) ke maksimal lima kontak di WhatsApp tidak hanya berlaku di India, Indonesia, atau beberapa negara saja.

Pembaruan fitur tersebut kini juga berlaku dalam skala global.

 

Hati-hati Ganti Nomor WhatsApp, Pesan Kamu Bisa 'Nyasar' ke Orang Lain, Perhatikan Hal Penting Ini
Hati-hati Ganti Nomor WhatsApp, Pesan Kamu Bisa 'Nyasar' ke Orang Lain, Perhatikan Hal Penting Ini (Daily Express)
 

"Mulai hari ini, semua pengguna versi WhatsApp paling baru hanya bisa meneruskan pesan ke lima ruang obrolan dalam satu kali pengiriman, hal itu akan membuat WhatsApp tetap fokus pada pesan pribadi dengan kontak terdekat," jelas seorang perwakilan WhatsApp.

Mulanya, fitur ini hanya berlaku di India, dari maksimal pengiriman pesan ke 256 kontak, langsung turun drastis menjadi lima kontak saja.

Sementara di saat yang sama, secara global baru berlaku maksimal 20 kontak.

Upaya itu dilakukan untuk menekan peredaran hoaks yang merajalela di India hingga menimbulkan keresahan sosial, bahkan hingga berujung pada pembunuhan.

Tak lama, fitur yang sama akan resmi menyambangi Indonesia mulai hari ini, Selasa (22/1/2019). Alasannya pun sama, yakni menekan peredaran hoaks yang semakin menjamur.

"Kami akan terus mendengar umpan balik tentang pengalaman pengguna, dan seiring waktu, kami akan mencari tahu cara baru untuk mengatasi konten viral," imbuh perwakilan WhatsApp.

WhatsApp mengatakan telah menguj coba fitur ini dalam enam bulan terakhir. Menurut WhatsApp, dirangkum KompasTekno dari Fortune, Selasa (22/1/2019), dalam masa uji coba enam bulan tersebut terjadi penurunan jumlah pesan berantai yang cukup drastis.

Halaman
1234
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved