Pekan Ini, Eca Terdakwa Narkoba Dengan Tuntutan 10 Tahun Berikan Pembelaan 

Anggota pun terlebih dahulu menuju rumah terdakwa untuk melakukan pemantauan. Namun ternyata terdakwa sudah bergerak menuju ke Lapas Tuminting.

Pekan Ini, Eca Terdakwa Narkoba Dengan Tuntutan 10 Tahun Berikan Pembelaan 
Tribun Manado/Fineke
Terdakwa kasus narkotika RR alias Eca (28) warga Sario Utara, Kota Manado akan melakukan pembelaan atas tuntutan Jaksa Penuntut Umum Noval Thaher terhadap dirinya 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Terdakwa kasus narkotika RR alias Eca (28) warga Sario Utara, Kota Manado akan melakukan pembelaan atas tuntutan Jaksa Penuntut Umum Noval Thaher terhadap dirinya.

Pada sidang pekan lalu di Pengadilan Negeri Manado, Eca dituntut sepuluh tahun penjara. "Sidang lanjutan pekan ini yakni pembelaan terdakwa," ujar Ketua Majelis Hakim Vincentius Banar, yang juga Humas PN Manado.

Sidang tuntutan berlangsung 16 Januari 2019 lalu. Tertangkapnya Eca berawal dari informasi yang diterima oleh Anggota Satuan Reserse Narkoba Polresta Manado, bahwa akan terjadi transaksi narkotika jenis sabu di Lembaga Pemasyarakatan Tuminting, melalui jalur terdakwa.

Anggota pun terlebih dahulu menuju rumah terdakwa untuk melakukan pemantauan. Namun ternyata terdakwa sudah bergerak menuju ke Lapas Tuminting.

Tiba di lokasi, anggota melihat terdakwa tidak langsung bergerak ke dalam lapas, melainkan menuju rumah makan di samping lokasi kejadian. Beberapa jam kemudian, terdakwa keluar dari rumah makan dan menuju ke arah lapas untuk melakukan aksinya.

Namun anggota tiba-tiba menghampiri terdakwa dan dengan cepat narkotika jenis sabu yang dibungkus tisu dan lakban putih, dijatuhkan terdakwa di bawah kakinya untuk mengelabui situasi.

Cara tersebut langsung diketahui anggota. Terdakwa pun langsung diamankan ke Mapolresta Manado, beserta barang bukti satu paket sabu sebesar 0,56 gram.

Sementara itu dari pengakuan terdakwa, sabu tersebut milik Rocky Hamber, warga binaan Lapas Tuminting yang dijerat dengan kasus serupa dengannya. Terdakwa sendiri sudah dua kali membawa narkoba ke dalam lapas dengan imbalan Rp 300 ribu. (fin)

Penulis: Finneke Wolajan
Editor: Nielton Durado
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved