Disdukcapil Targetkan Lima Ribu KIA Tuntas Tahun 2019

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menargetkan perekaman dan pembagian Kartu Identitas

Disdukcapil Targetkan Lima Ribu KIA Tuntas Tahun 2019
Tribunmanado/Felix Tendeken
Gunawan Otuh 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

Disdukcapil Targetkan Lima Ribu KIA Tuntas Tahun 2019

TRIBUNMANADO.CO.ID,MOLIBAGU- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menargetkan perekaman dan pembagian Kartu Identitas Anak (KIA) tuntas tahun ini.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Disdukcapil Bolsel Gunawan Otuh bahwa awal tahun ini sudah berhasil merekam 3000 keping dari total 8000 keping KIA.

"Jadi tinggal 5000 keping yang akan kita cetak. Saat ini proses pencetakan dihentikan sementara namun untuk input data terus dilaksankan," jelasnya kepada Tribunmanado.co.id.

"Ini karena mesin cetak yang ada pada kita hanya satu unit yang digunakan juga untuk mencetak e-KTP. Insyaallah tahun ini semua tuntas," tambahnya.

Baca: Disdukcapil Bolsel Validasi Data Kependudukan di Setiap Desa

 Kata dia, sebagian besar yang sudah berhasil dicetak termasuk di Kecamatan Posigadan yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Gorontalo.

"Tim sudah turun untuk membagikannya ke sekolah-sekolah dan yang sudah didistribusikankan di Kecamatan Posigadan," jelasnya.

Dijelaskan Otuh, bagi yang sudah melebihi umur, sudah diharuskan untuk membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) di kecamatan setempat, atau langsung menghubungi Disdukcapil Bolsel.

Baca: Sosialisasi Demam Berdarah, YHB di Doakan Warga terpilih menjadi Legislator

“Tim selalu siap di tempat, bahkan kami juga telah memprogramkan jemput bola atau melakukan perekaman langsung ke tiap-tiap desa,” tuturnya.

Otuh mengungkapkan, KIA bertujuan untuk melegalitaskan identitas anak meskipun sudah tercatat di Disdukcapil.

“Ini sebagaimana Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor Dua Tahun 2016, tentang Kartu Identitas Anak (KIA),” tandas Otuh. (lix)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved