Sosialisasi MCOE, Optimalkan Kota Bitung Kota Industri Berdaya Saing Internasional

Maritime Center of Excellence (MCOE) memulai gerakannya dengan paparan program atau sosialiasi perdananya di Bitung Logistic Community College (BLCC).

Sosialisasi MCOE, Optimalkan Kota Bitung Kota Industri Berdaya Saing Internasional
Tribunnews.com
Tugu cakalang, Simbol Kota Bitung 

Sosialisasi MCOE, Optimalkan Kota Bitung Kota Industri Berdaya Saing Internasional

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Merangkul pemerintah dan para pelaku industri, sebuah inisiasi bernama Maritime Center of Excellence (MCOE) yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing vokasi SDM Kota Bitung dan memicu kerja sama 
strategis dalam berbagai sektor industri, memulai gerakannya dengan paparan program atau sosialiasi perdananya di Bitung Logistic Community College (BLCC).

Hal itu diinformasikan Freddy Johanis Rumambi, anggota tim penasehat MCOE yang ditemui TribunManado.co.id di Jakarta.

Sebagai langkah awal yang nyata dan didukung penuh oleh Pemerintah Kota Bitung, Yayasan Lembaga Pendidikan Gideon (YLPG) sebagai penggagas MCOE menggelar sosialisasi eksternal perdana yang ditujukan kepada lebih dari 100 siswa di Bitung BLCC. 

Baca: Uskup Suwatan dan Pastor Tinggogoy Akan Rayakan 50 Tahun Imamat di Tegal

Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan MCOE sebagai sebuah inisiasi yang merangkul para pelaku akademis, ekonomi dan pemerintah dalam melakukan kolaborasi yang bertujuan untuk mengoptimalkan kota Bitung sebagai kota industri berdaya saing internasional. 

“Bitung ini secara geografis sudah strategis sekali posisinya sebagai kota industri, aspek kemaritimannya bagus dan aksesnya pun langsung ke Asia Pasifik, tapi SDMnya masih banyak perlu disiapkan lagi. MCOE ini adalah program jangka panjang dan merupakan wadah bagi semua stakeholders kota Bitung untuk dapat berkolaborasi dan berintegrasi. Sekarang zaman semakin maju, disrupsi terjadi di semua sektor industri, semua pihak harus bekerja sama untuk siasati ini segera, supaya Bitung benar- benar siap bersaing, bukan hanya di kelas nasional, tapi juga internasional,” jelas Angelica Tengker, ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Gideon sekaligus salah satu penggagas MCOE.

Baca: Samir Handanovic Ukir Clean Sheet Ke-11, Jadi Pahlawan Inter Milan saat Laga Lawan Sassuolo

“Untuk tahap awal, sengaja kami dahulukan sosialiasi kepada murid-murid SMK, karena fokus kami adalah membentuk SDM para generasi muda ini”, tambahnya. 

Berbagai topik terkait isu-isu kemaritiman dan disrupsi vokasi dipaparkan dalam rangkaian sesi sosialisasi MCOE oleh sejumlah ekspertis dan akademisi.

Baca: Kronologi Seorang Anggota TNI Tewas Tertembak KKB di Papua saat Antar Logistik

Dari paparan yang ada dapat disimpulkan bahwa saat ini adalah waktu yang tepat bagi Indonesia Timur untuk menjadi hub berskala internasional yang menjembatani kebutuhan Asia Pasifik dengan pola kolaborasi industri, dimana Bitung memiliki potensi yang besar dilihat dari letak geografisnya.

Program MCOE secara khusus berkonsentrasi dalam mengembangkan nila-nilai strategis kemaritiman bagi para pemangku kepentingan Kota Bitung, yakni: pemerintah dan dinas terkait, pelaku bisnis dan industri, pelaku akademis, serta masyarakat Bitung dan Sulawesi Utara secara luas. 

Baca: 8 Kabar tentang Ahok Jelang Hirup Udara Segar, Nomor 6 Minta Ini!

Halaman
12
Penulis: David_Manewus
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved