Berita di Kotamobagu

Dinkes Kotamobagu Imbau Warga Jangan Panik saat Terkena Demam

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kotamobagu Devie Ch Lala meminta masyarakat untuk tidak panik ketika terkena demam.

Dinkes Kotamobagu Imbau Warga Jangan Panik saat Terkena Demam
TRIBUNMANADO/HANDIKA DAWANGI
Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu 

TRIBUNMANADO.CO.ID,KOTAMOBAGU - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kotamobagu Devie Ch Lala meminta masyarakat untuk tidak panik ketika terkena demam. Karena menurut kadis, demam belum tentu Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Karena kebanyakan pasien dilaporkan terkena DBD. Kemudian setelah diperiksa ternyata hanya  demam dengue. Itu sangat berbeda," ujar kadis kepada Tribunmanado.co.id, Selasa (15/01/2019).

Dari 22 kasus DBD yang dilaporkan lanjut kadis tidak semuanya adalah DBD. "Ada yang DBD, ada yang demam dengue. Kalau sudah DBD sudah ada hasil pemeriksaan laboratorium dan semuanya ada tingkatannya," ujar Devie.

Baca: Dinkes Kotamobagu Hanya Fogging Empat Lokasi, Laporan DBD Awal Tahun Sebanyak 22 Kasus

Injilina M salah satu penderita DBD
Injilina M salah satu penderita DBD  beberapa waktu lalu  (TRIBUNMANADO/VENDI LERA)

Untuk Demam Dengue hingga DBD lanjut Devie ada tingkatan derajat. Mulai dari DD kemudian DBD derajat I, DBD derajat II, DBD derajat III, dan DBD derajat IV.

Baca: Empat Warga Tumubui Positif DBD, Ini Langkah Dinkes Kotamobagu

Devie mengatakan untuk mencegah terjadinya DBD masyarakat harus memulai dengan pola hidup sehat, rajin membersihkan tempat tinggal dan sekitar, bersihkan semua tempat yang kemungkinan menjadi sarang jentik jentik nyamuk.

"Karena beberapa hari lalu kita menemukan adanya jentik-jentik di beberapa tempat. Jentik-jentik banyak ditemukan di wadah penampungan air pot bunga, di penampungan dispenser, dan tempat lain yang tergenang air," ujar dia. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved