Berita di Bolmong

Wabup Yanny Lobi Anggaran DAK Fisik Pariwisata di Kemenpar RI

Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk mengunjungi Kementerian Pariwisata (Kemenpar-RI) di Jakarta untuk melakukan lobi anggaran

Wabup Yanny Lobi Anggaran DAK Fisik Pariwisata di Kemenpar RI
ISTIMEWA
Wabup Bolmong Yanni Tuuk 

TRIBUNMANADO.CO.ID,LOLAK, -Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk mengunjungi Kementerian Pariwisata (Kemenpar-RI) di Jakarta untuk melakukan lobi anggaran. Demi meningkatkan Pariwisata di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

"Kami tanyakan terkait Dana DAK tahun 2019 di kabupaten Bolmong yang tidak mendapatkan anggaran DAK Fisik dari Kemenpar-RI," ucapnya Minggu (13/01/2019) kepada tribunmanado.co.id.

Namun, dirinya bersyukur karena tahun ini Kabupaten Bolmong masih bisa menerima anggaran DAK 2019 dalam kegiatan Non Fisik bersifat sosialisasi.

Baca: Wabup Bolmong Ronny Yanny Tuuk Buka Kegiatan Pekan Olahraga Kabupaten 2018

"Saya berkunjung hari Jumat lalu di Kemenpar RI dan Bolmong dapat anggaran untuk kegiatan sosialisasi. Olehnya, kedepan dibutuhkan terobosan baru dalam menggenjot pariwisata di Bolmong," jelas Wabup Yanny.

Baca: Pergantian Tahun, Wabup Bolmong Ajak Warga Berdoa Agar Pesta Demokrasi Hasilkan Pemimpin Hebat

Selain itu, Wabup Bolmong pula meminta agar pihak Kemenpar-RI bisa mengalokasikan dana DAK Fisik pada tahun anggaran 2020 nanti, dan permintaan ini direspon baik oleh pihak Kemenpar-RI.

Baca: Wabup Bolmong Yanny Tuuk Ikut Pembekalan Kepemimpinan oleh Kemendagri

Sementara itu, pihak Kemenpar-RI melalui Kabag Program dan Anggaran Biro Keuangan, Bapak Putu menjelaskan bahwa anggaran DAK Fisik tahun 2020 nanti, Pemkab Bolmong harus melengkapi beberapa data, yaitu Dokumen RIPPARDA, Sertifikat Daerah Wisata, ABPB khusus Pariwisata dan beberapa data pendukung lainnya.

Wakil Bupati Bolmong Yanny R Tuuk
Wakil Bupati Bolmong Yanny R Tuuk (NET)

"Selain itu, ada beberapa persyaratan lain yang harus dilengkapi, diantaranya kelengkapan dokumen spot wisata yang diusulkan Pemkab Bolmong," ujar Putu.

Baca: Pemkab Bolmong Bakal Bangun Command Center

Dirinya menyarankan pemerintah daerah Bolmong sesegera mungkin melengkapi datanya bersama dokumen RIPPARDA. "Dalam melengkapi data harus bekerjasama dengan BAPPEDA agar sinkron," pungkasnya.

Kepala Bidang Pemasaran dan Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bolmong, Alfina Sumenda SIP, MM yang turut mendampingi Wabup Yanny menjelaskan pihaknya akan melengkapi dokumen pendukung anggaran DAK Non Fisik di tahun 2019 minggu depan, demi menunjang sektor pariwisata.

"Pastinya anggaran tersebut akan kami pergunakan guna mendongkrak sektor pariwisata Bolmong untuk bersaing dengan daerah lain," singkatnya. (kel)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved