Asita: Tak Mudah Jual Pariwisata, Perlu Perbanyak Direct Flight ke Manado

Sekarang yang diperlukan ialah memperbanyak direct flight dari Manado ke berbagai kota di luar negeri

Asita: Tak Mudah Jual Pariwisata,  Perlu Perbanyak Direct Flight ke Manado
IST
Turis 

TRIBUNMANADO.CO.ID  - Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sulut berharap pemerintah daerah terus melakukan terobosan untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bumi Nyiur Melambai.

Ketua Asita Sulut, Merry Karauwan mengatakan, terobosan paripurna dibutuhkan karena tidak mudah menjual pariwisata.

Menurutnya, faktor pendukung utama yang perlu diperkuat ialah konektivitas oleh maskapai.

Upaya Pemprov Sulut menggagas penerbangan charter langsung dari Tiongkok ke Manado dua tahun terakhir merupakan langkah tepat.

"Sekarang yang diperlukan ialah memperbanyak direct flight dari Manado ke berbagai kota di luar negeri," kata Merry, Kamis (10/1/2019).

Di samping kerja sama charter flight atau penerbangan langsung, menurut Merry, diperlukan kerja sama dengan negara terdekat sebagai hub connecting flight ke Manado.

"Misalnya jika ada penerbangan langsung Korea-Sabah, perlu dilobi agar ada penerbangan Sabah ke Manado sehingga bisa ada wisman dari Korea dan Malaysia ke Manado. Demikian pula sebaliknya, semakin mudah dari Manado ke Korea," ujarnya.

Terkait itu, faktor lain yang perlu diperhatikan untuk memajukan pariwisata ialah pelaku usaha terkait seperti UMKM.

"Industri kecil harus menangkap peluang di balik terobosan yang dilakukan pemerintah. Misalnya kerja sama, melobi operator wisata sehingga turis bisa mengakses produk dan jasa mereka. Jangan diam, berharap dari pemerintah. Harus jemput bola," katanya

Kemajuan sektor pariwisata akan memberi dampak ganda (multiplier effect) ke berbagai sektor. "Dampaknya sangat besar ke hampir semua lapisan, hotel, restoran, UMKM, transportasi dan lain-lain," ujar Merry. (*)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved