Premiere League

Statistik Unik Playmaker Chelsea, Rekor 1.896 Operan Tanpa Satu Pun Assist!

Playmaker Chelsea, Jorginho Frello, sedang disorot terkait performanya belakangan. Dia merupakan distributor bola yang mumpuni

Statistik Unik Playmaker Chelsea, Rekor 1.896 Operan Tanpa Satu Pun Assist!
TWITTER.COM/BLACKBETNG
Gelandang Chelsea, Jorginho Frello, memiliki jumlah operan terbanyak di antara pemain Liga Inggris musim ini 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Playmaker Chelsea, Jorginho Frello, sedang disorot terkait performanya belakangan. Dia merupakan distributor bola yang mumpuni, tetapi kontribusinya dianggap masih kecil.

Baca: Link Live Streaming & Prediksi Chelsea Vs Newcastle, Minggu 13 Januari 2019

Jorginho ikut digiring pelatih Maurizio Sarri ke Chelsea musim ini dan langsung diplot menjadi andalan dalam mesin permainan tim.

Gelandang timnas Italia kelahiran Brasil itu merupakan playmaker yang bertugas mengatur tempo, mendikte, dan mengalirkan bola dari lapangan tengah sebagai pusat kendali tim.

Kemampuan itu terbukti dari statistik mengesankan Jorginho yang melepaskan 1.896 operan di Liga Inggris musim ini.

Menurut data ESPN yang dikutip BolaSport.com, jumlah itu merupakan angka passing terbanyak di antara seluruh pemain di Premier League 2018-2019.

Namun, pertanyaan mengemuka apakah rekor operan terbanyak itu efektif? Soalnya, sejauh ini Jorginho belum melepaskan satu pun assist.

Tentang atribut yang satu ini, Jorginho bahkan kalah dari kiper Manchester City, Ederson Moraes, yang sudah mencatatkan satu buah assist.

Gelandang yang direkrut dari Napoli itu juga baru menyumbangkan satu gol, yakni lewat eksekusi penalti pada pekan pertama kontra Huddersfield.

Peran Jorginho sebagai master operan mulai diragukan efisiensinya seturut penurunan performa Chelsea, yang tak seganas awal musim.

Pemain berusia 27 tahun itu memang rajin mengoper bola, tetapi lebih cenderung melebar ke arah tepi lapangan saja atau rekan di posisi kiri dan kanannya.

Jorginho jarang memberikan operan gebrakan yang menusuk ke depan guna melayani striker, sehingga wajar kalau pasokannya buat serangan tim sangat minim.

Artikel ulasan di Give Me Sport mengungkapkan, "beberapa orang bahkan membandingkannya dengan Jordan Henderson, yang sudah lama dikritik karena melakukan hal yang sama (mengoper ke samping) di Liverpool".

Sebagai komparasi, gelandang Arsenal, Granit Xhaka, yang bertipe lebih defensif bahkan sudah mencetak tiga gol dan satu assist.

Catatan itu bisa dijadikan bukti bahwa Xhaka lebih berguna menyokong serangan tim daripada Jorginho, yang dianggap cuma bergerak di situ-situ saja.

Tribunmanado.co.id menyajikan informasi siaran langsung, live streaming, video highlight hasil pertandingan sepakbola, MotoGp, Formula 1 dan berita seputar dunia olahraga

Editor:
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved