Berita di Bolsel

Harga Ikan di Bolsel Kembali Normal, Baronang Rp 45 Ribu Perkilogram

Pedagang makanan di lokasi wisata kuliner Bolsel menyampaikan harga ikan saat ini sudah kembali normal, contohnya baronang Rp 45 perkilogram

Harga Ikan di Bolsel Kembali Normal, Baronang Rp 45 Ribu Perkilogram
TRIBUN MANADO
Ikan bakar di Bolsel 

TRIBUNMANADO.CO.ID,MOLIBAGU-Pedagang makanan di lokasi wisata kuliner sepanjang jalur dua mulai dari Desa Sondana sampai ke Tolondadu di Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) kembali bernafas lega. Sebab harga ikan yang sebelumnya mahal karena difaktori cuaca ekstrim kembali normal, Rabu (09/01/19).

Seperti yang diutarakan oleh Nurna Hasani satu diantara pedagang makanan di lokasi wisata kuliner tersebut bahwa semua telah kembali ke kondisi normal.

"Sebelumnya Rp 60 ribu per kilo, sekarang sudah Rp 45 ribu sampai Rp 50 ribu per kilo," Nurna menjelaskan posisi harga ikan karang seperti baronang, kerapu, dan sebagainya.

Baca: Harga Ikan di Bolsel Naik Diduga Karena Cuaca Ekstrem

Selain cuaca yang telah kembali normal, kata dia ada beberapa faktor yang membuat ikan kerang ini menjadi murah.

"Langganan saya nelayan Kristen di Dumagin, kemarin mereka banyak yang berhari raya jadi pasokan ikan berkurang. Sekarang sudah kembali normal," jelasnya.

Gelombang laut saat ini tidak seperti pertengahan Desember yang menguji adrenalin nelayan untuk melaut. "Sudah kembali normal tidak seperti akhir tahun lalu," jelasnya.

Baca: Cuaca Tak Menentu Berdampak pada Naiknya Harga Ikan

Kembalinya harga ikan ke kondisi normal menghindarkan para pedagang makanan dari kerugian. "Untungnya kecil kalau ikan mahal tentu kita merugi. Kembalinya harga menjadi normal menguntungkan kami pedagang kecil," jelas Juma pedagang lainnya.

Konsumen menikmati menu ikan bakar di rumah makan milik Nurna Hasani
Konsumen menikmati menu ikan bakar di rumah makan milik Nurna Hasani (TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN)

Jumlah konsumen terus meningkat tidak terpengaruh dengan perubahan harga. "Kecuali harga perkilo Rp 70 ribuan nah itu jumlah konsumen akan menurun, tapi jika harganya seperti ini banyak yang cari ikan bakar," jelasnya.

Turunnya harga ikan membuat pasokan ikan juga cepat habis. Bahkan kata dia, jika biasanya rumah makan buka dari pukul 08.00 WITA sampai pukul 20.00 WITA sekarang berubah jamnya.

Baca: Musim Berombak Pengaruhi Harga Ikan Karang

"Pukul 15.00 WITA sudah tutup karena pasokan ikan sudah habis," jelasnya yang berlangganan ikan kepada nelayan di Desa Pinolosian.

Sementara itu Surahmad satu diantara pengunjung yang ditemui mengaku harga tidak mempengaruhi jumlah konsumen datang dan mencicipi menu yang ada. "Harganya tidak membebani konsumen sangat terjangkau Rp 30 sampai Rp 35 ribu, sebanding dengan rasanya yang lezat," tandasnya. (lix)

Penulis:
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved