Berita di Bolmut

Curah Hujan Tinggi 300 Rumah di Bolmut Terendam Air

Curah hujan yang tinggui di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) beberapa hari terakhir menyebabkan 300 rumah warga terendam air

Curah Hujan Tinggi 300 Rumah di Bolmut Terendam Air
ISTIMEWA
Arus Lalu Lintas di Bolmut Saat Banjir 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Curah hujan yang tinggui di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) beberapa hari terakhir menyebabkan 300 rumah warga terendam air setinggi 50-70 centimeter.

Berdasarkan informasi dari Babinsa setempat, Rabu (09/01/2019),  telah terjadi bencana banjir yang disebabkan curah hujan tinggi dan luapan sungai di beberapa wilayah di Bolmut termasuk akses jalan Trans Sulawesi Manado-Gorontalo.

Untuk wilayah Kabupaten Bolmut, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sudah berlangsung sejak 7 Januari 2019 malam sampai saat ini meskipun beberapa wilayah sudah reda.

Baca: Serda Debi Bantu Petani di Bolmut Cabut Benih Padi

Kondisi ini telah menyebabkan sekitar 300 unit rumah terendam air dengan ketinggian antara 50 sampai 70 centimeter yang tersebar di beberapa wilayah diantaranya Desa Binuanga, Binjeita, Binuni, Biontong I dan Biontong II (Kecamatan Bolangitang Timur), Desa Bunong, Kuhanga dan Padang (Kecamatan Bintauna).

Kondisi Banjir di Bolmut
Kondisi Banjir di Bolmut (ISTIMEWA)

Selain itu, arus lalulintas di jalan Trans Sulawesi Desa Padang Bintauna dan Desa Biontong I, tejadi kemacaten karena jalan yang digenangi air sekitar 40 centimeter.

Baca: Kejati Sulut Kesulitan Tangani Kasus Korupsi di Bolmut dan Sitaro

Kepala BPBD Bolmut Musliman Datukramat menyampaikan Tim BPBD masih melakukan pendataan jumlah korban dan rumah yang terdampak, serta menghimbau melalui pemerintah kecamatan dan desa agar masyarakat yang rumahnya terendam banjir dievakuasi kelokasi yang lebih aman sambil menunggu penanganan dari BPBD.

Dari hasil pendataan BPBD Kabupaten Bolmut dan sampai saat ini keadaan masih aman dan terkendali.

Banjir di Bolmut
Banjir di Bolmut (ISTIMEWA)

Situasi arus lalu lintas terganggu akibat debet air yang tidak bisa menampung di saluran hingga melintas di jalan, makanya sempat menggangu arus lalu lintas namun setelah hujan berhenti airnya sudah surut dan bisa dilalui kendaraan.

Baca: Permudah Akses, Adriana Dondokambey Perjuangkan Perbaikan Infrastruktur untuk Bolmut

Kebanyakan rumah yang terdata terendam dikarenakan rumahnya berada di posisi lebih rendah sehingga saat curah hujan semalam bisa merendam di halaman rumah dan sebagian rumah masyarakat termasuk lahan persawahan masyarakat. (kel)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved