Berita Pilpres 2019

Andre Rosiade: Kenapa Bupati Pro-Jokowi Aman, Anies Baswedan Tetap Dipanggil Bawaslu

Andre Rosiade: Kenapa Bupati Pro-Jokowi Aman, Anies Baswedan Tetap Dipanggil Bawaslu

Andre Rosiade: Kenapa Bupati Pro-Jokowi Aman, Anies Baswedan Tetap Dipanggil Bawaslu
Ilham Rian Pratama/Tribunnws.com
Andre Rosiade 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi Andre Rosiade heran dengan sikap Bawaslu RI soal laporan yang disampaikan kubunya terkait banyaknya kepala daerah yang blak-blakan mendeklarasikan diri mendukung paslon Pilpres nomor urut 02.

Dia menyebut, banyak kepala daerah mendukung Jokowi-Ma'ruf sudah dilaporkan oleh BPN ke Bawaslu namun Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu) tetap tidak dijalankan. Padahal bukti-bukti yang telah dikumpulkan sudah dianggap lebih dari cukup.

"Banyak kepala daerah yang terang-terangan deklarasikan dengan baju dinasnya. Kita laporkan, saksi banyak rekaman ada, tetap juga Bawaslu rekomendasikan, tapi tetap Gakumdu-nya nggak jalan," kata Andre dalam diskusi media di Media Center Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2019).

Baca: Anies Baswedan Terancam Tiga Tahun Penjara dan Kena Denda

Baca: Dengan Nada Tinggi dan Muka Memerah Fahri Hamzah Marahi KPU di ILC

Baca: Liverpool Kalah 1-2 dari Wolverhampton di Piala FA

 
Hal tersebut, lanjut Andre, berbeda dengan apa yang dialami oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies datang ke acara internal partai Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC), Jawa Barat pada 17 Desember 2018 lalu lantaran telah mendapatkan izin dari Menteri Dalam Negeri. Tapi yang terjadi ialah, sang Gubernur tetap dipanggil Bawaslu.

Padahal menurut Andre, pose Anies yang disebut beberapa pihak telah melanggar peraturan kampanye pemilu, hanyalah sebuah gestur yang biasa dipakai oleh Jak Mania atau pendukung Persija Jakarta.

Bukan seperti apa yang dituduhkan, yakni menyimbolkan tanda 02 milik Prabowo-Sandi.

"Bupati pendukung pak Jokowi aman aman saja. Anies Baswedan itu sudah minta izin dengan Mendagri ada suratnya, tetap dipanggil Bawaslu hanya gara-gara dia memberikan tanda Jak Mania. Karena Anies lah Persija juara setelah 20 tahun. Dan ini luar biasa Gubernur yang didukung pak Prabowo ini," jelasnya.

Dia berharap, jangan sampai perbedaan perlakuan ini mengganggu kerja keras yang selama ini telah dilakukan oleh Bawaslu RI. Andre menyebut ini menjadi tantangan tersendiri untuk Bawaslu sebagai pihak yang punya kewenangan mengawasi penyelenggaraan Pemilu.

"Jangan sampai Bawaslu bekerja keras tapi ada yang mengganggu. Ini tantangan," pungkasnya.

TONTON JUGA:

TAUTAN AWAL: http://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2019/01/08/jubir-timses-prabowo-kenapa-bupati-pro-jokowi-aman-tapi-anies-baswedan-tetap-dipanggil-bawaslu

Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved