Breaking News:

Menteri ESDM: Harga Listrik Takkan Naik

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjamin tidak akan menaikkan tarif listrik.

Penulis: Tim Tribun Manado | Editor: Lodie_Tombeg
KOMPAS.com/Achmad Faizal
Menteri Jonan melihat meteran jargas di rumah warga di Kota Mojokerto 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjamin tidak akan menaikkan tarif listrik hingga akhir 2019.

Menteri ESDM Ignasius Jonan menyatakan, keputusan tersebut merupakan komitmen pemerintah untuk tidak mengubah tarif listrik meski evaluasi tarif tetap dilakukan setiap tiga bulan.

"Pemerintah berkomitmen tarif listrik sampai akhir tahun diharapkan tidak ada perubahan," kata Jonan ketika memberikan paparan kinerja Kementerian ESDM di kantornya, Jumat (4/1/2019).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng menambahkan, salah satu pertimbangan pemerintah memutuskan tidak menaikkan tarif listrik adalah menjaga daya beli masyarakat.

Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di Palu, Minggu (30/9).
Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di Palu, Minggu (30/9). (Humas PLN Suluttenggo)

"Kalau harga listrik enggak naik, competitiveness negara kita akan semakin bagus. Daya beli masyarakat juga akan terjaga," ucap Andy dalam kesempatan yang sama.

Harga BBM Selain itu, pemerintah juga tidak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi yakni premium dan solar. Jonan menjelaskan, meski kondisi harga minyak mentah dunia memang tengah mengalami kenaikan pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan harga premium dan solar.

Walaupun demikian, mantan Menteri Perhubungan ini tidak memberi keterangan lebih lanjut hingga kapan akan menahan harga BBM. "Jadi BBM juga sampai sekarang untuk premium dan solar tidak ada pertimbangan kenaikan harga," kata dia.

Direktur Jenderal Migas Djoko Siswanto pun memberi penegasan, harga premium dan solar memang tidak mengalami kenaikan. "Untuk premium pemerintah sudah menetapkan tidak naik. Tetap Rp 6.450 per liter dan solar tetap Rp 5.150 per liter," katanya. (Tribun/kps)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved