Inilah Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye Produk KPU di Kota Manado

APK produk Komisi Pemilihan Umum (KPU) berisi materi visi misi dan gambar pasangan presiden dan wakil presiden pada pemilu 2019 mulai dipasang

Inilah Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye Produk KPU di Kota Manado
Tribun manado / Christian Wayongkere
Alat Peraga Kampanye di Manado 

Inilah Lokasi Pemasangan APK Produk KPU di Kota Manado

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Alat Peraga Kampanye (APK) produk Komisi Pemilihan Umum (KPU) berisi materi visi misi dan gambar pasangan presiden dan wakil presiden pada pemilu 2019 mulai dipasang di sejumlah titik, Kamis (3/1/2019).

Di Kota Manado, Provinsi Sulut, KPU Manado, panwas kecamatan (panwascam), panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS) dan panwas kelurahan (panwaslur) memantau langsung pemasangan APK oleh partai politik.

"Untuk pemasangan dan pemeliharaan APK menjadi tanggung jawab peserta pemilu. Lokasi sudah disiapkan, sesuai nomor urut perserta pemilu, space antar-baliho dan spanduk sekitar 10 centimeter," kata Ketua KPU Kota Manado Sunday Rompas kepada tribunmanado.co.id, Kamis (3/2/2019).

Sebagai penyelenggara Pemilu, KPU bertugas memfasilitas APK dan panwas melakukan pengawasan. Dijelaskannya untuk APK berdasarkan surat keputusan (SK) nomor 23/PL.01.4-Kpt/7171/KPU-Kota/XI/2018 tentang perubahan keputusan KPU Kota Manado nomor 17/PL.01.4-Kpt/7171/KPU-Kota/IX/2018 tentang penetapan lokasi pemasangan alat peraga kampanye (APK) pemilihan umum tahun 2019 di Kota Manado.

Baca: Bawaslu Masih Temukan Penempatan Alat Peraga Kampanye Tak Sesuai Aturan

Baca: Bawaslu Nilai KPU Sulut Lambat Siapkan Alat Peraga Kampanye Peserta Pemilu

Lokasi pemasangan APK digunakan untuk pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Manado serta pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2019.

"APK dilarang dipasang di tempat ibadah termasuk halaman, rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, gedung milik pemerintah dan lembaga pendidikan gedung dan sekolah," terangnya.

Lanjut Ketua KPU Manado, APK yang difasilitasi KPU Manado sebanyak 10 buah baliho dan 16 buah spanduk, untuk penambahan APK yang dilakukan oleh peserta pemilu ada 5 buah (baliho) dan 10 buah (spanduk).

Untuk APK yang difasilitasi KPU Manado dan penambahan APK yang dilakukan peserta pemilu penempatannya sebagaimana lokasi yang disepakati (lihat lampiran).

"Pemasangan APK tergantung dari partai politik mau pasang, KPU hanya memfasilitasi," tambahnya.

Terpantau sejumlah APK yang difasilitasi KPU Kota Manado mulai terpasang di sejumlah titik, sesuai dengan daerah pemilihan (dapil), kecamatan dan lokasi pemasangan.

"Untuk dapil I Tikala Paal Dua, dapil 2 Wenang Wanea, dapil 3 Malalayang Sario, dapil 4 Bunaken, Bunaken Kepulauan dan Tuminting dan dapil 5 Mapanget Singkil. Untuk kelurahan sebanyak 87 kelurahan," tandasnya.(crz)

Baca: Ada 19 Titik Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye dari Pemkot Manado

Titik Lokasi Pemasangan APK yang difasilitasi KPU Manado

1. Paal 2 di Eks Pacuan Kuda Ranomut
2. Tikala, Samping Kanan Jalan Sebelum Masuk Persimpangan Taas
3. Wanea, Di persimpangan kejaksanaan dibawah gedung eks kendepdikbud
4. Wenang, Samping panggung utama lapangan Tikala
5. Malalayang, Tanah kosong didepan Citra Land Winangun
6. Sario Depan taman goodbless menghadap jalan boulevard
7. Bunaken, Samping kanan eks kantor Camat Bunaken atau depan kantor eks kantor camat Bunaken
8. Tuminting, Pekuburan Islam Karang Ria
9. Mapanget, Samping Kiri Tugu Adipura
10. Singkil, Ternate Baru (Lapangan Ternate Baru)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved