Warga Sekitar Dikejutkan dengan Kali Item di Kemayoran yang Berbuih, Ternyata Penyebabnya karena Ini

Kali item di Kemayoran baru-baru ini menjadi pusat perhatian karena tiba-tiba munculnya busa di dekat wisma atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Warga Sekitar Dikejutkan dengan Kali Item di Kemayoran yang Berbuih, Ternyata Penyebabnya karena Ini
YOUTUBE
Kali Item 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kali item di Kemayoran baru-baru ini menjadi pusat perhatian karena tiba-tiba munculnya busa di dekat wisma atlet Kemayoran, Jakarta Pusat pada Selasa (1/1/2019).

Warga kaget dengan munculnya buih di Kali Item secara tiba-tiba ini.

Dikutip TribunWow.com dari tayangan YouTube channel Official iNews, Selasa (1/1/2019), kekhawatiran warga muncul sebab buih sempat berterbangan ke jalanan.

Baca: Samsung Boyong Panel OLED, Buat Layar Ponsel Bisa Jadi Speaker

"Iya tadi pagi berbusa. Banyak sampai berterbangan ke jalan, tapi enggak lama langsung ilang," ucap Yuda, seperti dikutip dari Wartakotalive.com.

Menurut petugas pompa air, buih yang muncul di Kali Item akibat proses pemompaan air Danau Sunter yang akan di buang ke laut.

Diketahui kondisi Kali Item yang kotor dan air laut yang sedang pasang membuat buih bermunculan.

Selain itu, buih dapat muncul karena debit air yang tinggi akibat penyedotan Danau Sunter yang di alirkan ke Kali Item.

Seperti kata anggota Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Mahmud menyatakan hal yang sama yakni buih yang sempat menutupi aliran Kali Item terjadi saat penyedotan air Danau Sunter ke Kali Item sebab debit air Danau Sunter sedang tinggi.

"Sebenernya itu udah biasa, jadi karena tadi pagi kan debit Danau Sunter tinggi, nah akhirnya di sedot ke Kali, dari semburan itu, terhantam dinding kali, hingga muncul buih busa, tapi tidak berlangsung lama karena terkena matahari," kata Mahmud.

"Kalo disedot lagi pasti begitu, karena itu kan kena tembok, jadi pasti berbusa," imbuhnya.

Menurutnya, buih yang ada tidak mengganggu warga sekitar sebab buih akan hilang dengan sendirinya.

Baca: Selain Shio Kuda, 4 Shio Ini Paling Mendominasi dan Terkuat di Tahun 2019

Selain itu menurut Lambas Sigalingging sebagai Ketua Satuan Pelaksana Unit Pelaksana Kerja Badan Air Jakarta Utara juga menyatakan pompa air ketika digunakanlah yang membuat air di Kali Item menjadi terlihat berbuih seperti yang terjadi di Kali BKT.

"Jadi di situ kan ada pompa yang memompa air dari Waduk Sunter Selatan 1 dibuang ke Kali Item atau Kali Sentiong, kalau pompanya jalan, jadi kaya gerobokan dan itu yang bikin berbusa," ujar Lambas

(TribunWow.com)

Editor: Indry Panigoro
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved