Besok, Presiden Jokowi Lantik Kepala BNPB yang Baru Menggantikan Willem Rampangilei

Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) yang baru di Istana Negara pukul 09.00 WIB

Besok, Presiden Jokowi Lantik Kepala BNPB yang Baru Menggantikan Willem Rampangilei
Tribun Manado
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei, saat memberikan Kuliah Umum di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Sulawesi Utara (Sulut) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) yang baru di Istana Negara pukul 09.00 WIB, Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Kepala BNPB yang baru itu akan menggantikan Willem Rampangilei yang sampai hari ini menduduki posisi tersebut.

Kendati demikian, Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, hingga kini dirinya belum mengetahui siapa yang akan menggantikan Willem.

"Saya juga mendengar besok pagi Presiden akan melantik Kepala BNPB yang baru di Istana Negara, namun saya belum tahu siapa pengggantinya," kata Sutopo saat dihubungi via telepon, Selasa (1/1/2019).

Sutopo mengatakan, seorang kepala BNPB harus pintar, profesional, dan dekat dengan Presiden.

Pasalnya, dalam setiap kondisi darurat, kepala BNPB harus memberikan laporan kepada Presiden setiap saat, baik diminta maupun tidak.

Baca: Malam Pergantian Tahun, Olly Paparkan Keberhasilan Jokowi di Bidang Infrastruktur

Baca: BNPB Prediksi: 2019 Bencana di Indonesia Didominasi Banjir, Longsor dan Puting Beliung

"Termasuk juga memberikan saran kepada Presiden, apa kebijakan yang harus diambil oleh Presiden dalam kondisi darurat, krisis cepat, dan akurat," ungkapnya kemudian.

Sedangkan dalam kondisi normal, lanjut Sutopo, Kepala BNPB juga harus memberikan laporan kepada Presiden minimal sekali dalam sebulan.

Sebab, hal itu sudah tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

"Kami sebagai keluarga besar BNPB intinya siap mendukung siapapun kepalanya. Pak Willem sebagai Kepala BNPB sudah banyak sekali capaian yang dilakukan selama empat tahun. Jadi bisa dilanjutkan dan dikembangkan oleh kepala BNPB yang baru nanti," tuturnya.

Adapun Willem dilantik menjadi Kepala BNPB pada tahun 2015. Kala itu, ia menggantikan Syamsul Maarif yang sudah menjadi Kepala BNPB sejak tahun 2008.

Sebelum menjadi Kepala BNPB, Willem menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Lingkungan Hidup dan Kerawanan Sosial.

Ia juga sempat menjadi Komandan Lantamal VIII Manado serta Kepala Dinas Hidrografi dan Oseanografi (Kadishidros) Mabes AL di Jakarta.

Artikel di tribunmanado.co.id ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Besok, Presiden Jokowi Lantik Kepala BNPB yang Baru"

Editor: David_Kusuma
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved