Aula Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu Nyaris Terbakar, ini Penyebabnya

Doni Petugas dari PLN UP3 Kotamobagu mengatakan memang terjadi korsleting pada satu lampu hias.

Aula Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu Nyaris Terbakar, ini Penyebabnya
tribun manado/handika dhawangi
Percikan api muncul dari sebuah lampu hias di aula rumah dinas Wali Kota Kotamobagu, Kamis (27/12/2018) malam. 

Aula Rudis Wali Kota Kotamobagu Nyaris Terbakar, ini Penyebabnya

Laporan wartawan Tribun Manado, Handika Dhawangi

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Kamis (27/12/2018) pukul 19.33 Wita, masyarakat, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mulai berdatangan ke Aula Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu.

Karpet telah diatur memanjang untuk tempat duduk masyarakat yang akan melaksanakan zikir bersama pemerintah di sana.

Baca: 3 Pasutri di Sulut Tewas di Hari yang Sama, Berikut Fakta-faktanya dan Penyebabnya

 

Baca: Lakalantas di Jalan AKD Dumoga, Mobil Bawa Cap Tikus Vs Bebek Honda, 2 Jiwa Melayang

Tiba-tiba terlihat percikan api dari satu lampu hias tepat diatas karpet yang memanjang. Beberapa orang yang sudah datang berpakaian muslim tampak panik dan keluar ruangan.

Namun beberapa petugas yang biasa menemani keseharian Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara tampak masih di lokasi. Alfian satu di antaranya.

"Saya dan beberapa personel patwal sedang makan lalu muncul percikan api. Kami pun memang sedikit panik namun tetap melakukan tindakan dengan mematikan sumber listrik pada lampu tersebut. Dan memang setelah itu percikan api tak terlihat lagi," ujar Alfian kepada Tribun Manado.

Meski demikian, mereka tetap menghubungi petugas pemadam kebakaran.

"Sambil menunggu, kami pun menggunakan air dan tabung pemadam. Menyemprotkannya ke arah lampu yang korsleting," ujar dia.

Baca: Tekanan Rendah di Filipina Picu Cuaca Buruk di Sulut - Gelombang Tinggi Bisa 2 sampai 4 Meter

Kabid Damkar dan Sarana Prasarana Dinas Sat Pol PP dan Damkar Kotamobagu Erwin Sugeha mengatakan tak sampai lima menit tim damkar tiba di lokasi yakni di Aula Rudis Wali Kota. Jaraknya 1.9 kilometer dari Kantor Dinas Sat Pol PP dan Damkar.

"Tak sampai lima menit dua truk pemadam kebakaran tiba di lokasi. Memang sudah tak terlihat ada percikan api namun petugas kami tetap langsung turun dan menarik selang. Siaga di dalam mengantisipasi ada yang terjadi, sambil menunggu petugas PLN," ujar Erwin.

Lanjut Erwin di lokasi tercium gas   Alat Pemadam Api Berat (APAB) dan Alat Pemadan Api Ringan (APAR). "Tindakan petugas di Rudis Wali Kota sudah tepat. Dengan begitu api tak lagi merembet," ujar dia.

Doni Petugas dari PLN UP3 Kotamobagu mengatakan memang terjadi korsleting pada satu lampu hias. "Kami sudah memutuskan arus listrik untuk lampu hias tersebut," ujar dia.

Terpantau, setelah dirasakan aman, lampu lain dinyalakan, karpet kembali diatur dan zikir pun tetap dilaksanakan. Masyarakat lebih banyak berdatangan untuk melaksanakan zikir. Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara sedang menerima tamu di dalam rudis yakni Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved