Wow! Anda Bisa Isi Batere 500.000 iPhone di Atap Stadion Johan Cruijff

Stadion yang merupakan rumah bagi klub Ajax Amsterdam ini memanfaatkan baterai EV baru maupun bekas untuk daya cadangan ke stadion jika terjadi pemada

Wow! Anda Bisa Isi Batere 500.000 iPhone di Atap Stadion Johan Cruijff
Istimewa
Johan Cruijff Arena 

Wow! Anda Bisa Isi Batere 500.000 iPhone di Atap Stadion Johan Cruijff

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sistem penyimpanan energi baru digunakan sebagai sumber daya di Johan Cruijff Arena di Amsterdam.

Stadion yang merupakan rumah bagi klub Ajax Amsterdam ini memanfaatkan baterai EV baru maupun bekas untuk daya cadangan ke stadion jika terjadi pemadaman. 

 

Baca: 2 Laga Tentukan Kedatangan Arsene Wenger ke AC Milan

Selain itu, alat ini dipasang untuk menyediakan sumber energi berkelanjutan. Hal ini mampu mengurangi tekanan pada jaringan listrik di Belanda selama konser dan acara-acara lain dengan konsumsi daya listrik yang besar.

Sistem ini mampu menyimpan daya hingga 3 megawatt, yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai 500.000 iPhone atau atau memasok listrik di sekitar 7.000 rumah tangga di Amsterdam selama satu jam.

Johan Cruijff Arena
Johan Cruijff Arena (Reuters)

Sistem ini menggabungkan unit konversi daya serta dapat menyimpan energi yang dikumpulkan dari 4.200 buah panel surya di atap stadion.

"Arena ini dijamin memiliki kekuatan listrik yang cukup besar, bahkan saat pemadaman listrik," ujar direktur inovasi Johan Cruijff Arena, Henk van Raan.

"Sehingga, stadion akan memberikan kontribusi pada jaringan energi Belanda yang stabil," lanjut dia.

Para produsen mobil berkutat dengan masala yang harus dilewati ketika baterai EV melewati kinerja puncaknya. Baterai lithium-ion dapat terus menyimpan listrik selama bertahun-tahun setelah digunakan.

Beberapa produsen mobil seperti Nissan saat ini sedang mengerjakan proyek untuk menggunakan kembali sel-sel EV untuk penyimpanan energi di dalam rumah.

Nissan mengatakan, sistem baru di stadion menunjukkan bahwa baterai bekas dapat memainkan peran dalam membuat energi baru yang berkelanjutan.

Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved