Polisi Tangkap 2 Terduga Pelaku Teror Drone di Bandara Gatwick London

Otoritas penegak hukum Inggris mengumumkan telah menangkap dua orang yang diduga menerbangkan drone di Bandara Gatwick, London.

Polisi Tangkap 2 Terduga Pelaku Teror Drone di Bandara Gatwick London
AFP / BEN STANSALL
Pesawat bersiap lepas landas dari Bandara Internasional Gatwick di London, pada Jumat (21/12/2018), setelah sempat ditutup akibat teror drone misterius. 

Polisi Tangkap 2 Terduga Pelaku Teror Drone di Bandara Gatwick London

TRIBUNMANADO.CO.ID - Otoritas penegak hukum Inggris mengumumkan telah menangkap dua orang yang diduga menerbangkan drone di Bandara Gatwick, London.

Kepolisian Sussex mengonfirmasi, kedua terduga pelaku tersebut ditangkap pada Jumat (21/12/2018) pukul 22.00 waktu setempat.

"Mereka ditangkap sebagai bagian dari penyelidikan yang kami jalankan terkait perbuatan kriminal menggunakan drone," kata Kepala Polisi James Collis kepada AFP Sabtu (22/12/2018).

Baca: Karena Isu Dana Tembok Perbatasan Rp 72 Triliun, AS Kembali Shutdown

 

Baca: Michelle Obama Mempesona dengan Sepatu Boot Seharga Rp 56,7 Juta

Collis menambahkan, penangkapan itu merupakan bentuk kesigapan mereka untuk memastikan publik tetap aman. Dia menuturkan penyelidikan terus digelar hingga ancaman bisa ditangkal.

 

"Kami terus meminta publik di sekitar Gatwick untuk mendukung kami dengan cara memberi informasi yang bisa berguna membawa pelaku di depan hukum," tegasnya.

Dia menuturkan dikutip Sky News, jajarannya menerapkan taktik untuk membangun ketahanan untuk mendeteksi dan melenyapkan ancaman dari drone.

Bandara internasional Gatwick yang terletak sekitar 50 kilometer arah selatan London adalah bandara kedelapan tersibuk di Eropa.

Drone itu pertama terlihat di Gatwick Rabu malam waktu setempat (19/12/2018) dan berdampak kepada ratusan penerbangan selama Natal dan 120.000 penumpangnya.

Sejumlah penumpang mendeskripsikan suasana yang saat itu cukup meresahkan karena mereka terpaksa tidur di bangku maupun lantai bandara.

Baca: Gading Marten: Selamat Hari Ibu Gisel

Bangsawan konservatif Lord Ashcroft menawarkan hadiah 10.000 poundsterling (sekitar Rp 184 juta) bagi siapapun yang bisa menyediakan informasi atau melaporkan pelakunya.

Bandara sebelumnya sempat dibuka pada Kamis (20/12/2018) dini hari, namun kembali ditutup setelah drone kembali muncul.

Imbas dari munculnya drone itu, penerbangan menuju Gatwick telah dialihkan ke sejumlah bandara lain, termasuk Paris, Perancis.

Juru bicara Gatwick akhirnya mengumumkan bandara kembali dibuka secara terbatas pada Jumat malam waktu setempat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Tangkap 2 Terduga Pelaku Teror Drone di Bandara Gatwick London", https://internasional.kompas.com/read/2018/12/22/10520671/polisi-tangkap-2-terduga-pelaku-teror-drone-di-bandara-gatwick-london.
Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utomo

Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved