Drone Bikin Bandara Tersibuk di London Lumpuh

Salah satu bandara tersibuk di Eropa, Gatwick International Airport di London, dilumpuhkan oleh dua buah drone untuk kebutuhan industri, Rabu (19/12/2

Drone Bikin Bandara Tersibuk di London Lumpuh
AFP / BEN STANSALL
Pesawat bersiap lepas landas dari Bandara Internasional Gatwick di London, pada Jumat (21/12/2018), setelah sempat ditutup akibat teror drone misterius. 

Drone Bikin Bandara Tersibuk di London Lumpuh

TRIBUNMANADO.CO.ID - Salah satu bandara tersibuk di Eropa, Gatwick International Airport di London, dilumpuhkan oleh dua buah drone untuk kebutuhan industri, Rabu (19/12/2018) malam waktu setempat.

Kedua drone tersebut diketahui terbang di sekitaran bandara dan landasan, sehingga mengganggu sinyal penerbangan dan aktivitas bandara.

Gara-gara drone tersebut, sejumlah penerbangan tertunda dan ratusan ribu penumpang terlantar. Sekitar 760 penerbangan gagal mendarat dan lepas landas di Gatwick.

Baca: Polisi Tangkap 2 Terduga Pelaku Teror Drone di Bandara Gatwick London

Beberapa pesawat yang ditujukan mendarat di London Gatwick diketahui dialihkan ke bandara terdekat, seperti Luton, Birmingham, Manchester, Cardiff, Glasgow, Paris, dan Amsterdam. 

Tak hanya itu, sebanyak 110.000 penumpang yang dijadwalkan terbang pada Kamis lalu dari bandara Gatwick pun gagal melakukan penerbangan.

10.000 penumpang di antaranya terjebak di bandara, tanpa mendapatkan informasi kapan mereka bisa diberangkatkan.

"Saya dan keluarga saya sudah terjebak disini (Gatwick) selama enam jam, orang-orang banyak yang tidur di lantai di area selatan bandara," sebut salah satu penumpang.

Terkait jadwal penerbangan, aparat berwajib masih menyelidiki kasus ini dan mengatakan mereka belum bisa membuka aktivitas bandara, lantaran kedua drone tersebut belum disetop.

"Polisi sedang mencari pilot drone tersebut, itulah salah satu cara untuk menghentikannya," ujar aparat kepolisian setempat.

Halaman
12
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved