Breaking News:

Berita Hiburan

Jadi Duta Satwa Liar, Ini Kata Manohara Odelia Pinot

Berita bergabungnya Manohara Odelia Pinot (26) sebagai Duta Satwa Liar Jakarta Animal Aid Network (JAAN) baru santer di akhir tahun ini.

Grafis Tribunnews/Ananda Bayu
Manohara Odelia Pinot 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Berita bergabungnya Manohara Odelia Pinot (26) sebagai Duta Satwa Liar Jakarta Animal Aid Network (JAAN) baru santer di akhir tahun ini.

Namun, model berdarah campuran Amerika Serikat dan Bugis ini menyebut dirinya sudah mencintai hewan sejak kecil.

"Saya dari kecil memang pecinta hewan dan sudah ada kesadaran terhadap lingkungan. Makanya pada tahun 2013, saya memutuskan menjadi seorang vegetarian," dalam acara Upclose and Personal Gathering di Rujak Cingur Delta, Surabaya, Kamis (20/12/2018).

 
Menurutnya makan daging sangat banyak berpengaruh pada lingkungan. 

Baca: 10 Hoaks Paling Berdampak Sepanjang 2018 Versi Kominfo: Ada Ratna Sarumpaet

Baca: Deretan Kota Terbengkalai karena Ditinggalkan Penghuninya, Ada yang Kaya Emas dan Berlian

Baca: Cinta Laura Banjir Dukungan untuk Mengikuti Ajang Miss Universe, Ini Responnya

Sejak saat itu, perempuan yang akrab disapa Mano itu mengaku telah belajar banyak mengenai hewan maupun lingkungan.

Pemain film 'Me & You VS The World' ini juga sempat mengikuti asosiasi, membantu hewan domestik seperti anjing dan kucing terlantar, hingga berdonasi.

"Nah, tahun ini, saya ingin belajar lagi, lalu saya bertemu dengan JAAN ini. Mereka pun mempersilakan saya ikut," katanya.

Satu di antara kegiatan paling berkesan baginya, yang dilakukan bersama organisasi non-pemerintah pelindung satwa liar Indonesia itu, adalah relokasi orang utan bernama Otan.

Ia ikut membantu proses pengembalian orang utan berusia 2 tahun tersebut ke Sumatera.

"Otan diselamatkan dari perdagangan liar dan kondisinya menyedihkan sekali. Terutama jika bayi primata itu direbut dari ibunya, artinya induknya dibunuh," jelasnya.

Mano bercerita ia ikut menyiapkan kandang, memastikan Otan baik-baik saja, dan memberi makanan.

Semakin ia mendalami permasahan satwa liar, semakin ia menemui berbagai permasalahan yang membelit lingkungan Indonesia, seperti lahan sawit ilegal.

"Dengan terjun langsung masuk hutan, mengikui training wildlife handling, membantu relokasi dan rehabilitasi satwa, saya mendapat data dan belajar banyak. Semoga berguna nanti," tandasnya.

TONTON JUGA:

TAUTAN AWAL: http://surabaya.tribunnews.com/2018/12/20/potretmanohara-odelia-pinot-yang-jadi-duta-satwa-liar?_ga=2.101870275.338943127.1545292970-1226127728.1543050770

Editor: Aldi Ponge
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved