Hadapi Industri 4.0, Adriana Komitmen Tingkatkan Kualitas SDM Sulut

Adriana Dondokambey berusaha meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Sulut.

Hadapi Industri 4.0, Adriana Komitmen Tingkatkan Kualitas SDM Sulut
ISTIMEWA
Calon anggota DPR RI partai PDIP nomor 1 dapil Sulut, Adriana Dondokambey 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Untuk menghadapi revolusi industri 4.0, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Adriana Dondokambey berusaha meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Sulut.

Menurutnya, revolusi industri 4.0 harus diimbangi dengan meningkatnya etos kerja dan juga kreativitas tenaga kerja.

"Sekarang ini kan eranya revolusi industri 4.0, di mana akan terjadi digitalisasi pada sistem pekerjaan. Tentunya, kita harus bersiap-siap menghadapi ini semua karena bisa jadi semua lapangan kerja beralih menjadi sistem digital yang sudah terkomputerisasi," kata Adriana, Jumat (21/12/2018).

Ia menambahkan, penggunaan sistem digital bisa mengurangi tenaga kerja manusia secara masal.

Hal ini telah terjadi pada berbagai sistem pembayaran yang akhir-akhir ini bisa dilakukan secara online.

"Jika kita tidak mempersiapkan revolusi industri 4.0, akan terjadi peningkatan pengangguran. Sebagai contoh, dulu masuk jalan bebas hambatan harus dilayani oleh satu orang dan sekarang hampir di semua ruas-ruas toll menggunakan sistem pembayaran digital yang memangkas banyak tenaga kerja," kata dia.

Lebih lanjut, politisi senior PDI Perjuangan itu menjelaskan agar mampu bersaing di era industri 4.0 diperlukan kreativitas serta inovasi yang terus menerus.

Untuk itu, perlu adanya peningkatan kualitas SDM.

"Agar bisa terus bersaing menghadapi revolusi industri 4.0 perlu adanya peningkatan kualitas SDM. Sekarang ini kan pengusaha sukses bukan mereka yang memiliki modal, tapi mereka yang memiliki kreativitas dan inovasi. Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas SDM dengan memberi pelatihan berbasis ekonomi kreatif," papar Adriana yang juga mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI Dapil Sulut dari partai PDIP nomor urut 1 itu.

Dengan komitmennya meningkatka kualitas SDM Sulut, ia berharap dampak buruk revolusi industri 4.0 yaitu pengurangan tenaga kerja secara besar-besaran tidak akan terjadi.(Adv)

Editor: Ireine V Tompunu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved