(VIDEO) Papan Nisan Salib Dipotong saat Pemakaman di Yogyakarta, Tokoh Masyarakat Klarifikasi

Viral Papan Nisan Salib Dipotong saat Pemakaman di Yogyakarta, Tokoh Masyarakat Setempat Klarifikasi

TRIBUNMANADO.CO.ID - Foto sebuah papan nisan berbentuk salib yang dipotong, menjadi viral dan jadi perbincangan di media sosial hingga timbulkan pro dan kontra.

Baca: (VIDEO) Jadi Otak Penganiayaan Anak, Bahar bin Smith Ganti Nama Rizal: Diduga Hendak Kabur

Papan nisan yang terpotong tersebut diketahui milik Albertus Slamet Sugiardi warga Purbayan, Kota Gede, Yogyakarta.

Dikutip Tribun Video dari Tribun Jogja, tokoh masyarakat setempat bernama Bedjo Mulyono tidak membenarkan bahwa warga di desanya tidak bertoleransi pada umat agama lain.

Ia menyebut bahwa warga Purbayan sangat toleransi bahkan juga membantu prosesi pemakaman.

"Jadi begini, di sini memang kampung muslim, makam yang digunakan juga makam muslim. Di kampung hanya ada 3 yang non muslim. Viralnya foto pemakaman itu mengarah kalau kami intoleran. Itu tidak benar, kami sangat toleran. Kami bantu prosesinya, kegiatan warga pun kami sama-sama," ungkapnya saat ditemui di kampungnya Selasa (18/12/2018).

Dirinya mengatakan bahwa pemotongan salib tersebut telah menjadi kesepakatan antara masyarakat dengan keluarga dari almarhum.

Bahkan istri almarhum Maria Sutris Winarni telah membuat surat pernyataan bahwa dirinya tidak keberatan.

Dalam surat pernyataan tersebut Winarni mengungkapkan bahwa dirinya tidak mempermasalahkan jika papan nisan berupa salib dari almarhum dipotong.

"Untuk pemakaman, kami perbolehkan. Atas kesepakatan antara keluarga, pengurus makam, tokoh masyarakat, dan pengurus gereja. Istrinya sudah membuat pernyataan kalau tidak mempermasalahkan hal tersebut," sambungnya.

Sementara itu Ketua RW 13 Purbayan Slamet Riyadi mengatakan bahwa kesepakatan tersebut dibuat agar tidak menimbulkan gejolak di tengah masyarakat lantaran almarhum dikatakan adalah warga non muslim yang dimakamkan di kampung tersebut.

Halaman
123
Tags
salib
Editor:
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved