Kim Jong Un Peringati Tujuh Tahun Meninggalnya Sang Ayah

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi makam almarhum sang ayah, Kim Jong Il di Pyongyang, pada Minggu (16/12/2018) malam.

AFP / KIM WON JIN
Rakyat Korea Utara memberikan penghormatan kepada mendiang pemimpin negara, Kim Jong Il, saat peringatan kematiannya di Istana Matahari Kumsusan, Pyongyang, Senin (17/12/2018). 

Kim Jong Un Peringati Tujuh Tahun Meninggalnya Sang Ayah

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi makam almarhum sang ayah, Kim Jong Il di Pyongyang, pada Minggu (16/12/2018) malam.

Ziarah ke monumen makam pendahulunya di Istana Matahari Kumsusan itu sebagai bentuk penghormatan memperingati tujuh tahun meninggalnya Kim Jong Il.

"Dia (Kim Jong Un) memberikan penghormatan tertingginya kepada Kim Jong Il yang telah mengabdikan seluruh hidupnya demi kemakmuran negara dan kebahagiaan rakyat sampai saat-saat terakhir karir revolusionernya," tulis Korean Central News Agency, Senin (17/12/2018).

Tak hanya Kim Jong Un, ribuan rakyat Korea Utara juga tampak berbondong-bondong mendatangi monumen makam para pemimpin negara itu untuk memberi penghormatan, sekaligus bersumpah setia kepada pemimpin saat ini, Kim Jong Un.

Baca: Vladimir Putin: Negara Perlu Mengatur Penampilan Para Musisi di Rusia

Baca: Goa Tempat Tim Remaja Thailand Terjebak Jadi Atraksi Wisata Populer

Kim Jong Il menjabat sebagai pemimpin Korea Utara sejak 1994, menggantikan ayahnya, Kim Il Sung, yang meninggal.

Kim Jong Il meninggal dunia pada 17 Desember 2011 dan jabatan pemimpin pun beralih ke putranya, Kim Jong Un, yang kala itu masih berusia akhir 20-an tahun.

Peringatan kematian Kim Jong Il berarti sekaligus memperingati mulai berkuasanya Kim Jong Un.

Melansir dari KCNA, semasa hidupnya, Kim Jong Il menyerukan upaya-upaya peningkatan untuk memenuhi kewajiban dan tugasnya sebagai prajurit revolusioner.

Baca: Dituduh Bertemu Wanita Muda, Anggota Parlemen Australia Mengundurkan Diri

 

Baca: Hari Ini dalam Sejarah: Wright Bersaudara Terbangkan Pesawat Pertama

 

"Dia juga bekerja keras melaksanakan rencana dan mencapai keinginannya hingga akhir tanpa berbelok dan kelonggaran sedikit pun," tulis media negara tersebut.

Kim datang dengan didampingi sejumlah pejabat senior ke monumen makam yang ditandai dengan dua patung perunggu raksasa, yang menampilkan sosok dua pemimpin pendahulunya, yakni sang ayah, Kim Jong Il dan kakek sekaligus pendiri negara, Kim Il Sung.

Ternyata Ini Alasan Kim Jong Un Selalu Bawa Toilet Pribadi
Kim Jong Un  (YOUTUBE)

Dilaporkan KCNA, kunjungan ke makam mendiang sang ayah itu menjadi aktivitas publik Kim Jong Un setelah terakhir kali diberitakan oleh media negara pada dua pekan lalu.

Sebelumnya, Kim Jong Un dilaporkan melakukan perjalanan ke pabrik sepatu di Wonsan di pantai timur Korea Utara pada awal bulan ini.

Acara peringatan itu digelar di tengah perundingan denuklirisasi Korea Utara dengan AS yang hampir terhenti sejak pertemuan bersejarah kedua pemimpin negara di Singapura, Juni lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kim Jong Un Peringati Tujuh Tahun Meninggalnya Sang Ayah", https://internasional.kompas.com/read/2018/12/17/12514951/kim-jong-un-peringati-tujuh-tahun-meninggalnya-sang-ayah.
Penulis : Agni Vidya Perdana
Editor : Agni Vidya Perdana

Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved