Mulyaman Purba Serahkan LHP kepada Wabup Minahasa

Wabup Minahasa Robby Dondokambey menghadiri acara Penyerahan LHP PDTT Semester II Tahun 2018, dari BPK-RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.

Mulyaman Purba Serahkan LHP kepada Wabup Minahasa
TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW
Wabup Minahasa Robby Dondokambey menghadiri acara Penyerahan LHP PDTT Semester II Tahun 2018, dari BPK-RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Robby Dondokambey menghadiri acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT) Semester II Tahun 2018, dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, kepada sejumlah Kabupaten/ Kota yang berlangsung di Kantor BPK-RI, Jl 17 Agustus Manado, Sabtu (15/12/2018).

Baca: Kisah Peserta North Sulawesi Christmas Fun Bike 2018,Opa Jenggo Bersepeda dari Tondano sampai Manado

Wabup menerima LHP atas Efektivitas Pengelolaan Sumber Daya Kesehatan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional Tahun 2017 dan Semester I Tahun 2018 di Kabupaten Minahasa, Demikian juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa James Rawung, menerima LHP yang sama.

Baca: Pemprov Sulut Luncurkan Majalah Nyiur Melambai

Ketua Perwakilan BPK-RI Sulut Mulyaman Purba dalam sambutannya mengatakan, LHP Kinerja dan PDTT, mengacu pada beberapa hal penting, Untuk pemeriksaan atas LHP Kinerja melihat dari tiga hal utama yakni, Ekonimis, Efisiensi dan Efektivitas, Bukan untuk mencari-cari kesalahan, sedangkan LHP PDTT untuk melihat kepatutan.

Menurutnya Pemeriksaan kinerja ada tiga objek pemeriksaan Yakni mengenai Kesehatan yakni JKN, pendidikan yakni BOS dan DAK, serta Dana Desa. Pihaknya mencari dimana lemahnya dari tiga objek itu, nanti akan dilihat tujuan dan hasilnya, dan memang masih kurang efektif yang artinya dengan kriteria yang sudah disepakati, masih ada yang belum tepat sasarannya.

Baca: Kawanua Katolik Jabodetabek Bakal buat Perayaan Akbar Natal dan Tahun Baru 2019

“Jadi kedepan jangan takut memberikan informasi ketika BPK melakukan pemeriksaan, peran DPRD dalam pengawasan juga harus benar-benar diterapkan, agar kedepan dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan pengelolaan.

Baca: Jadi Juara Indonesian Idol Junior 2018, Anneth Berharap Mimpinya Bisa Ber . . . Terwujud

Kesimpulannya, hasil LHP masih kurang efektif, tapi jangan berkecil hati karena ini belum opini. Jadi nanti bagaimana kita membenahi kelemahan-kelemahan dan membenahi kekurangan-kekurangan sehingga kedepan lebih baik. LHP ini harus ditindaklanjuti Kepala Daerah masing-masing,” pungkasnya

Baca: Antisipasi Kelangkaan Elpiji dan BBM, Pertamina Bentuk Satgas Natal

Hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng, Inspektur Kabupaten Minahasa Frits Muntu, Kepala Dinas Kesehatan Minahasa Yuliana Kaunang, Dirut RSUD Sam Ratulangi Tondano Maryani Suromoto dan Kepala Bagian Humas Protokol Setdakab Minahasa Moudy Leonhard Pangerapan.

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved