Travel

Inilah 5 Gunung di Indonesia dengan Hamparan Edelweis Indah

Bunga edelweis menjadi salah satu flora khas yang dapat dijumpai ketika melakukan pendakian di beberapa gunung Indonesia.

Inilah 5 Gunung di Indonesia dengan Hamparan Edelweis Indah
KOMPAS.com/ANGGARA W PRASETYA
Edelweis di Mahameru 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bunga edelweis menjadi salah satu flora khas yang dapat dijumpai ketika melakukan pendakian di beberapa gunung Indonesia. Keindahan bunga edelweis memang begitu menawan ketika sedang mekar.

Baca: Keindahan Goa Kristal di Kupang Memukau Wisatawan

Bunga yang menjadi simbol keabadian ini hanya tumbuh di pergunungan dengan ketinggian  di atas 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Beberapa gunung di Indonesia terkenal karena memiliki hamparan bunga edelweis.

Bunga abadi ini biasanya mekar antara Bulan April hingga Agustus. Ketika mekar, edelweis akan memancarkan warna bunga yang putih-kuning cerah sehingga sangat menyegarkan mata.

Berikut ini 5 gunung di Indonesia yang memiliki hamparan keindahan edelweiss:

Gunung Gede-Pangrango

Alun-alun Surya Kencana di Gunung Gede
Alun-alun Surya Kencana di Gunung Gede (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)

Hamparan bunga edelweiss bisa ditemui di gunung yang berada di Kabupaten Cianjur dan Sukabumi ini. Terdapat dua hamparan edelweis yang bisa ditemukan di Gunung Gede-Pangrango.

Di Gunung Gede, padang bunga edelweis berada di Alun-alun Surya Kencana yang berada di selatan puncak. Sementara di Gunung Pangrango, hamparan edelweis berada di Lembah Mandalawangi.

Gunung Merbabu

Bunga edelweiss di Merbabu
Bunga edelweiss di Merbabu (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)

Padang bungai edelweis bisa ditemukan di gunung setinggi 3142 mdpl ini. Untuk bisa menjumpainya, pendaki harus berjalan sampai kawasan sabana yang bisa dicapai dari jalur selatan, yakni Selo atau Gancik.

Setelah sampai sabana sampai ke puncak, nantinya akan dijumpai bunga-bunga edelweis yang bahkan ada di samping jalur pendakian. Hamparan edelweiss paling indah ada di antara sabana satu sampai menjelang puncak.

Halaman
12
Editor: Alex Bryan Tarore
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved