Breaking News:

8 Hal yang Otomatis Dinilai Orang pada Pandangan Pertama

Ada banyak kesan pertama berasal dari hal-hal yang tidak bisa kontrol, misalnya bau alami tubuh, seimut apa wajah, atau apakah kita pakai kacamata ata

Editor:
ilustrasi
8 Hal yang Otomatis Dinilai Orang pada Pandangan Pertama 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada banyak kesan pertama berasal dari hal-hal yang tidak bisa kontrol, misalnya bau alami tubuh, seimut apa wajah, atau apakah kita pakai kacamata atau tidak.

Baca: Ingin Tampil Keren dengan Gelang, Bagaimana Aturannya?

Pria yang memiliki fitur wajah feminin, misalnya alis lebih tipis dan dagu lancip, juga cenderung dianggap kurang bisa dipercaya.

Kita memang tidak bisa mengubah struktur wajah dan hal-hal fisik lain, tetapi bahasa tubuh bisa kita modifikasi. Dengan lebih sering tersenyum atau membuat kontak mata, kesan ramah bisa kita dapat.

Menilai kepribadian seseorang memang tidak bisa dilakukan hanya dengan melihat sekilas pandang, namun ada hal-hal apa saja yang secara otomatis akan dinilai orang dari pandangan pertamanya.

1. Status sosial

Penelitian di Belanda menyebut, orang yang memakai busana dari label ternama dianggap memiliki status sosial lebih tinggi.

Baca: Tips Agar Anak Tak Konsumtif Saat Harbolnas

Tetapi, baju bermerek hanya memengaruhi persepsi orang tentang status sosial. Sementara daya tarik, kebaikan, dan juga sifat mudah dipercaya, tidak ada kaitannya dengan barang branded yang melekat di tubuh.

2. Dianggap mudah dipercaya

Ilustrasi makan ikan, ROMANTIS
Ilustrasi

Orang akan menganggap seseorang mudah dipercaya atau tidak dalam 10 detik pertama.

Penilaian itu sayangnya didasarkan pada hal-hal yang tidak bisa diubah, misalnya muka yang imut atau wajah yang tampak gembira.

3. Orientasi seksual

Dalam 20 detik seseorang akan bisa menilai orientasi seksual seorang pria hanya dengan melihat wajahnya.

4. Kecerdasan

Orang yang bicara secara ekspresif, memakai kacamata, atau selalu membuat kontak mata, ketika berbicara, biasanya dianggap sebagai orang yang cerdas.

5. Pengacau

Sebuah studi di Inggris mengungkap, wanita yang memiliki tato yang terlihat dianggap sebagai orang yang kurang menarik, peminum, dan pengacau.

Di banyak budaya tato memang masih dianggap sebagai orang yang bebas dan tidak mau mengikuti aturan sosial.

6. Dominasi

Pria dengan potongan rambut cepak atau botak dianggap lebih dominan dan kuat dibanding pria dengan model rambut gondrong.

7. Kesuksesan

Pria yang berbaju rapi dan cenderung formal, ternyata dinilai sebagai orang yang lebih sukses dibanding pria berpakaian kasual.

8. Mudah tertarik

Penelitian terhadap pengguna situs kencan menunjukkan bahwa rata-rata mereka menilai apakah seseorang mudah tertarik dan gampang diajak berkenalan dengan melihat penampilan wajah.

Mereka yang menampilkan foto sedang tersenyum, memiliki kesan "ekstrovert" cenderung lebih sukses mendapat banyak ajakan perkenalan.

TAUTAN AWAL: KOMPAS.COM

Tags
seksual
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved