4 Peserta CPNS 2018 di Minahasa Tenggara Gugur

Empat peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) gugur

4 Peserta CPNS 2018 di Minahasa Tenggara Gugur
Istimewa
Tes SKB CPNS Mitra 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO -  Empat peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) gugur.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mitra Robby Ngongoloy memastikan itu, setelah pelaksanaan tahapan tes seleksi kompetensi bidang (SKB) Minggu (9/12) kemarin di Hotel Sutan Raja Manado di Minahasa Utara (Minut).

"Iya, yang lolos ke fase SKD ada 416, namun yang ikut kemarin hanya 412 peserta CPNS, empat tidak ikut dipastikan gugur," kata Sekda Robby kepada wartawan, Senin (10/12/2018).

Lanjut Sekda, SKD yang dilangsung kemarin terbilang berbeda, ke-412 peserta yang sudah ikut SKD kemarin, selanjutkan akan bersaing perebutkan tiap formasi yang dilamar.

Meski begitu, menurut sekda untuk hasil tes SKB ini belum bisa diketahui, karena pengumuman dilakukan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). "Dari hasil koordinasi dengan BKN Regional Manado tadi Kemungkinan hasil SKB diumukan sekitar tanggal 20-an," tambahnya.

Baca: Jadwal Tes SKB 503 CPNS Boltim 13-14 Desember, BKSPDM Belum Dapat Informasi Regulasi Kelulusan

Baca: Sekkot Manado Buka Tes SKB CPNS, Sebut 70 Persen Peserta Sudah Lolos, Jangan Lupa Berdoa

Sementara untuk penilaian SKB kali ini diambil berdasarkan siapa nilai tertinggi, dengan tetap memprioritaskan pada peserta yang capai passing grade. Misalnya ada dua formasi yang dibuka, sementara yang capai pasing grade pada SKD-lalu hanya satu, sehingga yang satu formasi sudah diprioritaskan kepada yang capai passing grade.

"Sementara untuk satu formasi lainnya diperebutkan peserta yang diambil berdasarkan peringkat. Begitu pun dengan formasi yang peserta SKB diambil dari hasil perengkingan, tetap dilihat siapa yang tertinggi, itu yang direkrut," jelasnya.

Pelaksanaan seleksi CPNS ini, ada 20 formasi untuk Kabupaten Mitra yang tidak terisi, pihaknya masih menunggu keputusan dari BKN dan Kemenpan. "Kita masih menunggu apakah tetap akan diisi dari peserta SKB. Ataupun akan kembali dibuka pada tahun depan," tambahnya.

Di tempat terpisah Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sartje Taogan menyebutkan, pelaksanaan SKB dibagi dalam dua sesi. Tiap sesi mendapat kesempatan 90 menit dengan 100 soal.

"Untuk sesi pertama tegabung dengan pelamar dari formasi CPNS Provinsi. Sementara sesi yang kedua, seluruhnya diikuti pelamar CPNS Mitra," kata Sartje.

Adapun untuk soal SKB manyangkut bidang secara umum. Dengan soal langsung dari Panitia Pusat. "Soalnya diberikan secara acak. Dengan menyangkut kompotensi bidang secara umum," tandasnya .(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved