Program E-Court di PN Manado untuk Cegah Pungli

Proses pendaftaran gugatan perkara melalui e-court ini melalui transfer bank, sehingga tidak ada celah terjadi pungutan liar

TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
PN Manado 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Program electronic court (e-court) atau pengadilan elektronik di Pengadilan Negeri Manado merupakan upaya dari Mahkamah Agung untuk mencegah terjadinya pungutan liar dalam pendaftaran perkara.

"Selain mempermudah para advokat dalam mengajukan pendaftaran gugatan perkara perdata, program ini untuk mencegah pungli," ujar Vincentius Banar selaku Juru Bicara Hakim PN Manado.

Proses pendaftaran gugatan perkara melalui e-court ini melalui transfer bank, sehingga tidak ada celah terjadi pungutan liar.

Baca: Advokat Vebry Haryadi Apresiasi Layanan E-Court PN Manado

Sejauh ini sudah ada tiga pihak yang mendaftar online, tapi hanya satu yang berhasil terverifikasi.

"Satu perkara yang berhasil terverifikasi atas nama Advokat Aflian Boham. Dengan nomor perkara 474/Pdt G/2018/PN Mnd," ujarnya.

Menurutnya keberhasilan PN Manado dalam menerapkan sistem e-court tak lepas dari peran Sekretaris Nikson Ladjoma, Panitera Refly Batubuaja dan yang terpenting adalah Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi dan Pelaporan, Eva M Fridona.

Baca: PN Manado Mulai Terapkan Layanan E-Court bagi Advokat

PN Manado di bawah pimpinan Ketua Lukman Bachmid dan Wakil Ketua Liliek Prisbawono Adi berhasil mencatat satu perkara melalui sistem e-court. Manado menjadi pertama di Sulawesi Utara.

"Kami senang sekali akhirnya dengan segala sosialisasi, dengan segala upaya yang kita lakukan, memberikan penjelasan kepada para advokat, akhirnya berhasil menerapkan satu perkara secara e-court," ujar Liliek.

Baca: Dianiaya Ayah Tiri, Pipi Bayi 1 Tahun 10 Bengkak, Saat Diwawancarai, Pelaku Tanyakan Ini ke Wartawan

Ke depan PN Manado berharap program e-court dapat membantu para advokat dalam mencari keadilan. Pihaknya pun berharap tahun 2019 semua perkara masuk melalui e-court. (fin)

Penulis: Finneke
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved