Mengenal Apa Itu Down Syndrome,

Down Syndrome (DS) atau sindroma Down pertama kali dikenal ketika Dr John Langdon Down tahun 1866 seorang dokter Inggris

Mengenal Apa Itu Down Syndrome,
Shutterstock
Down syndrome (ilustrasi) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Down Syndrome (DS) atau sindroma Down pertama kali dikenal ketika Dr John Langdon Down tahun 1866 seorang dokter Inggris untuk pertama kalinya menggambarkan ciri-ciri karakteristik sindroma tersebut. Setelah diperkenalkan, dikaji dan diuji selama hampir satu abad.

Baca: Derita Petra, Bocah Penderita Gizi Buruk, Orangtuanya Pisah dan Dirawat Oma yang Sakit-sakitan

Menurut Ketua Penyelenggaran Jalan Sehat Bersama Keluarga Sindroma Down Rina Niawati, pada saat ini DS dipahami sebagai kelainan genetik akibat kelebihan kromosom. Kromosom ini terbentuk akibat kegagalan sepasang kromosom untuk saling memisahkan diri saat terjadi pembelahan semasa embrio.

"Karakteristik anak down syndrome bisa diketahui dari wajah cenderung datar tanpa pengkal hidung, rambut tipis/halus, leher tebal, mulut kecil serta lidah kadang menjulur. Selain itu tonus otot lembek dan lemah," katanya pada acara jumpa pers Perayaan Hari Sindroma Down Dunia 24 Maret 2013 di Jalan Lodaya, Rabu (20/3/2013).

Dan di Indonesia, ujarnya, DS mulai populer ketika dilakukan kampanye pertama oleh Persatuan Orang Tua Dengan Anak Down Syndrome atau POTADS di Monas, Jakarta pada 7 November 2000.

Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved