Sudah 539 Orang Direhabilitasi BNN Manado dalam 4 Tahun

Berdasarkan hasil data rehabilitasi BNN Kota Manado, dalam kurun waktu 4 tahun, BNN Kota Manado telah merehabilitasi sebanyak 539 orang.

Sudah 539 Orang Direhabilitasi BNN Manado dalam 4 Tahun
TRIBUN MANADO/NIELTON DURADO
Sudah 539 Orang Direhabilitasi BNN Manado dalam 4 Tahun 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Mengantisipasi ancaman narkoba tidak hanya dengan memberantas para bandar dan pengedar narkobanya saja, namun perlu juga memberikan edukasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap permasalahan narkoba.

Berdasarkan hasil data rehabilitasi BNN Kota Manado, dalam kurun waktu 4 Tahun (2015 sampai November 2018) BNN Kota Manado telah merehabilitasi sebanyak 539 orang.

Kepala BNN Kota Manado AKBP Eliasar Sopacoly menjelaskan, efek bola salju di mana permasalahan bola salju seperti guliran bola dari ketinggian (bukit) yang mulanya cuma kecil saja.

Namun seiring bergulir, akan terus membesar.

Ini karena salju-salju lainnya akan menempel pada bola salju tersebut.

Sehingga pada akhirnya bola salju menjadi ukuran yang besar sekali.

"Kurun waktu empat tahun kami sudah merehabilitasi 539 orang. Apabila jumlah tersebut semakin bertambah maka generasi Manado akan terancam, karena fenomena penyalahgunaan narkoba seperti efek bola salju yang semakin lama semakin banyak (membesar)," ujarnya, Jumat (30/11/2018).

Hal tersebut disebabkan para pecandu narkoba bisa mempengaruhi orang lain, terutama yang dikenalnya yang kemungkinan bisa saudara atau temannya untuk menyalahgunakan narkoba dengan ragam tawaran.

Menurut Sopacoly, narkoba awalnya diberikan gratis dengan dalih dapat mengatasi masalah yang sedang dihadapi, apabila terus berlanjut maka akan mengalami kecanduan dan mulai membeli barang haram tersebut.

Sehingga jumlah penyalahguna/pecandu akan semakin banyak, oleh karena perlu daya dan upaya dalam mengantipasi hal tersebut.

Halaman
12
Penulis: Nielton Durado
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved