Nuklir Banyak Manfaat Jika Dikelola dengan Baik, Termasuk untuk Kesehatan

Tenaga nuklir sejatinya tak berbahaya dan punya banyak manfaat bagi kehidupan jika digunakan oleh pihak yang bertanggungjawab.

kompas.com
Reaktor fusi nuklir buatan China yag disebut Matahari Buatan (ilustrasi) 

Nuklir Banyak Manfaat Jika Dikelola dengan Baik, Termasuk untuk Kesehatan

Laporan wartawan Tribun Manado, Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tenaga nuklir sejatinya tak berbahaya dan punya banyak manfaat bagi kehidupan jika digunakan oleh pihak yang bertanggungjawab.

Hal tersebut dikatakan Bara Hasibuan Walewangko, personel Komisi V DPR RI dalam Seminar Dimensi Iptek Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir di Indonesia yang digelar di auditorium Unika De La Salle Manado, Jumat (30/11/2018).

Dihadapan ratusan mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Keperawatan, staf dan dosen, Bara menjelaskan, mengenai tenaga nuklir ada strategi yang tengah dikembangkan untuk masa depan.

Saat ini kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) nuklir sudah digunakan setiap hari untuk kehidupan, namun masih banyak pandangan dan anggapan keberadaan nuklir sangat berbahaya.

"Kalau dikelola dengan baik sebenarnya malah banyak manfaatnya. Memang tidak bisa dipungkiri konotasi banyak orang nuklir berbahaya, termasuk pembangkit listrin tenaga nuklir (PLTN) masih dianggap bahahaya," katanya.

Padahal saat ini penggunaannya tak hanya untuk perang. Khusus di Indonesia, nuklir di dalam ranah Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten). "Pengawasannya jelas dan aman seperti untuk kesehatan," kata dia.

Aris Sanyonto, K epala Subdirekotrat Pengaturan Proteksi Radiasi dan Keselamatan Lingkungan Bapeten menjelaskan, tenaga Nuklir diatur dalam UU nomor 10 tahun 1997 tentang Tenaga Nuklir

Lanjutnya, terkait radiasi nuklir, banyak jenisnya. Lebih dari 200 jenis dan dalam menentukan atau melihat itu Bapeten menggunakan kitab sucinya jenis-jenis nuklir.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved