Billy Lombok Usul Pemerintah Subsidi Produk Kopra

Anggota DPRD Sulut Billy Lombok usul pemerintah memberi subsidi bagi pelaku usaha ekspor komoditi lemak/minyak hewan/minyak nabati

Billy Lombok Usul Pemerintah Subsidi Produk Kopra
TRIBUNMANADO/RYO NOOR
Anggota DPRD Sulut Billy Lombok 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Anggota DPRD Sulut Billy Lombok usul pemerintah memberi subsidi bagi pelaku usaha ekspor komoditi lemak/minyak hewan/minyak nabati, salah satu bahan baku utamanya adalah kopra untuk meningkatkan nilai jual kopra bagi petani.

Ia mengulas, simulasi perhitungan subsidi rata-rata produksi Kopra per tahun di Sulut 2.500 ton, contoh nilai subsidi pemerintah per kg Kopra Rp 2.000

Jumlah subsidi pemerintah untuk produk berbahan baku Kopra per tahun Rp 5 miliar.

“Dengan demikian harga pasar kopra saat ini Rp 3.000 - Rp 4.000 dapat meningkat menjadi Rp 5.000 - Rp 6.000 per kg," ujar dia.

Baca: Olly Utus Wagub Carikan Solusi Harga Kopra di Roterdam

Hal ini tidak bertentangan dengan aturan perdagangan internasional apabila Rp 5 miliar tersebut masuk ke dalam total Rp 110 triliun hingga Rp 1.400 triliun, subsidi ekspor yang diperkenankan oleh WTO (2% hingga 10% dari total PDB Indonesia selama 1 tahun).

Hal ini juga justru menjadi kewajiban Pemerintah dengan memperhatikan Pasal 3 huruf d UU Nomor 19 Tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani.

Bentuk - bentuk subsidi langsung yang dapat diberikan kepada pelaku usaha untuk meningkatkan nilai jual Kopra, misalnya pemberian hibah untuk pelaku usaha membeli Kopra dari petani, keringanan pajak usaha untuk izin usaha berikutnya, pembelian langsung kopra oleh pemerintah dari petani.

Secara keseluruhan, pada tahun 2018, peran perdagangan komoditi lemak dan minyak hewani/nabati dengan Kopra sebagai salah satu bahan baku utamanya mencapai 60,28 persen senilai US$ 493,843,30 juta atau lebih dari setengah struktur perdagangan ekspor Sulawesi Utara. (ryo)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved