Seekor Sapi Selamat dari Rumah Potong Hewan Karena Terlalu Besar

Sapi itu telah tumbuh menjadi sangat besar sehingga pemiliknya kesulitan untuk menjual maupun membawanya ke rumah pemotongan hewan.

Seekor Sapi Selamat dari Rumah Potong Hewan Karena Terlalu Besar
kompas.com
Knickers, Seekor Sapi Selamat dari Rumah Potong Hewan Karena Terlalu Besar 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sapi jenis Holstein Friesian yang diberi nama Knickers oleh pemiliknya kini memiliki bobot hampir 1,4 ton dan tinggi 194 sentimeter.

Sapi di sebuah peternakan di Australia itu telah tumbuh menjadi sangat besar sehingga pemiliknya kesulitan untuk menjual maupun membawanya ke rumah pemotongan hewan.

Pemiliknya, Geoff Pearson, pertama kali membeli sapi jantan tersebut untuk memimpin kawanan ternaknya di ladang.

Baca: Seekor Sapi Jantan Ditemukan Mati dengan Perut Penuh Sampah Plastik

Dia membeli Knickers bersama sejumlah sapi lainnya yang sejenis. Menurut Pearson, sejak pertama dibeli, sapi jantan itu sudah lebih menonjol dibandingkan ternak lainnya.

"Dia selalu sedikit lebih besar dan lebih menonjol dibandingkan ternak lainnya," kata Pearson dilansir Daily Mirror.

Namun yang tidak disangka, seiring waktu Knickers tumbuh semakin besar, bahkan menjadi jauh lebih besar dari sapi lain sejenisnya.

Baca: Kisah Ope Muhammad, 46 Tahun Jadi Pemotong Sapi, Datangkan Pisau Khusus dari Batu Malang

Pearson mengaku sempat mencoba menjual sapi itu dalam sebuah lelang yang digelar bulan lalu. Namun lantaran ukurannya yang terlalu besar, para pemilik rumah pengolahan daging mengaku tidak bisa mengangkutnya.

Knickers si sapi jantan raksasa tersebut hanya akan dibiarkan berkeliaran di ladang peternakan yang berlokasi di dekat Danau Preston, kawasan Myalop, sekitar 136 kilometer arah selatan Perth.

"Sapi itu terlalu berat. Saya tidak bisa memasukkannya melalui fasilitas pemrosesan," kata Pearson kepada harian Perth Now.

Baca: Petani Texas Terkena Leukimia, Puluhan Tetangganya Bantu Panen Kapas

"Jadi saya pikir dia akan hidup bahagia selamanya," tambahnya yang memiliki peternakan dengan sekitar 20.000 ekor ternak.

Pearson meyakini, sapi raksasanya itu masih akan hidup hingga beberapa tahun mendatang, dikelilingi dengan sapi lain yang selalu mengikutinya.

Sapi itu juga telah menjadi sorotan media lokal selama beberapa tahun terakhir. Knickers disebut sebagai sapi ternak terbesar di Australia, meski hal itu belum resmi.

Menurut catatan dalam buku rekor Guinness, sapi ternak terbesar di dunia yang masih hidup adalah Belino di Roma, yang tercatat pada Maret 2010 memiliki tinggi 198 sentimeter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terlalu Besar, Sapi di Australia Ini Selamat dari Rumah Potong Hewan"

Editor: Hans Koswara Widjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved