Ketegangan Meningkat, Rusia Siagakan Pasukan Tempurnya di Perbatasan Ukraina

Distrik militer itu berada di kawasan barat perbatasan Ukraina dan meliputi Semenanjung Crimea yang dicaplok Rusia pada 2014.

Ketegangan Meningkat, Rusia Siagakan Pasukan Tempurnya di Perbatasan Ukraina
CEN via Daily Mirror
Dua orang anggota Marinir Rusia tengah mencoba granat berpeluncur roket (RPG) dalam latihan militer yang digelar di Murmansk dengan suhu minus 30 derajat Celcius. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Di tengah meningkatnya ketegangan dua negara buntut insiden yang terjadi Minggu (25/11/2018), Militer Rusia mengumumkan bakal memastikan pasukan yang berada di perbatasan Ukraina berada dalam kondisi siap tempur.

Diwartakan Newsweek Selasa (27/11/2018), kemenhan mengumumkan bakal menggelar tes kesiapan formasi dan unit di Distrik Militer Selatan.

Kendaraan artileri Rusia saat mengikuti parade militer di Saint Petersburg, Mei 2018.
Kendaraan artileri Rusia saat mengikuti parade militer di Saint Petersburg, Mei 2018. (AFP / OLGA MALTSEVA)

Distrik militer itu berada di kawasan barat perbatasan Ukraina dan meliputi Semenanjung Crimea yang dicaplok Rusia pada 2014.

Baca: Radhwa Athaya WNI yang Dikabarkan Hilang di Jepang Ditemukan, Begini Kondisinya

Dalam tes itu lebih dari 40 unit dan formasi militer bakal berpartisipasi. Termasuk Armada Laut Hitam, serta armada kecil Caspian.

Latihan itu terjadi setelah tiga kapal perang Ukraina ditahan Angkatan Laut Rusia di Selat Kerch yang berlokasi dekat Crimea.

Pada Senin (26/11/2018), Presiden Ukraina Petro Poroshenko menyatakan dia mendapatkan informasi intelijen bahwa Kremlin menyiapkan pasukan darat.

Baca: Kasus Pencurian Sepeda Motor Terjadi di Desa Pintadia, Begini Modusnya!

Ketegangan terjadi ketika kapal artileri ringan kelas Gyurza-M Berdyansk dan Nikopol serta kapal tongkang Yana Kapa ditembaki.

Pihak Rusia berdalih mereka terpaksa menembak setelah ketiga kapal itu menolak untuk berhenti di selat yang memisahkan Laut Hitam dan Laut Azov itu.

3 Kapal Perang Ukraina Ditangkap Rusia, Perang Bisa Berkobar di Laut Hitam
3 Kapal Perang Ukraina Ditangkap Rusia, Perang Bisa Berkobar di Laut Hitam (Getty Images)

Sebanyak 24 pelaut Ukraina ditahan oleh militer Rusia, termasuk kapten Berdyansk Letnan Roman Mokryuk, dengan enam di antaranya mengalami luka tembak.

Baca: Perempuan Ini Dikira Hamil dengan Bentuk Janin Seperti Ikan, Ternyata Ini Faktanya

Badan Keamanan Rusia (FSB) merilis senjata yang ada di kapal itu, beserta dokumen yang menyatakan perjalanan mereka seharusnya rahasia.

Halaman
12
Editor: Hans Koswara Widjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved