JIPS Ulas Masalah Kopra Sambil Ngopi Bareng, Minyak Kelapa Lebih Sehat Dikonsumsi

Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS) mengangkat diskusi soal produk kelapa di Kantin Badan Lingkungan Hidup Sulut, Rabu (28/11/2018)

JIPS Ulas Masalah Kopra Sambil Ngopi Bareng, Minyak Kelapa Lebih Sehat Dikonsumsi
Tribun manado / Ryo Noor
Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS) mengangkat diskusi soal produk kelapa di Kantin Badan Lingkungan Hidup Sulut, Rabu (28/11/2018) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS) mengangkat diskusi soal produk kelapa di Kantin Badan Lingkungan Hidup Sulut, Rabu (28/11/2018).

Diskusi sambil ngopi itu diberi tajuk Diskusi 'Tai Minya' dihadiri personel JIPS, Kabag Humas Pemprov Sulut Christian Iroth dan Pengamat Politik Sulut Taufik Tumbelaka.

Sekadar informasi label ‘Tai Minya’ itu disematkan karena merupakan produk turunan dari hasil pembuatan minyak kelapa yang jadi topik diskusi.

Satu topik yang diulas menyangkut rencana mendorong pemanfaatan minyak kelapa asli Sulut untuk mengatasi anjloknya harga kopra.

Kabag Humas menyampaikan kebijakan ini merupakan inisiasi Gubernur Olly Dondokambey untuk mengatasi persoalan harga kopra yang jatuh saat ini.

Mendesak pemerintah untuk memperbaiki harga kopra bukan langkah yang tepat, karena harga kopra menggunakan mekanisme pasar bebas. Tergantung permintaan dan penawaran sesuai hukum ekonomi

Pemerintah tak bisa mengintervensi harga, sebab itu alternatif solusi yang diupayakan yakni melakukan diversifikasi produk selain kopra, yakni minyak kelapa.

Baca: Olly Kampanyekan Minyak Kelapa Sulut: Netizen Apresiasi Produk Lokal Sasar PNS

Baca: Minyak Kelapa Lebih Mahal dari Minyak Sawit, Kepala Balitpalma Sulut: Minyak Kelapa Lebih Sehat

Chres Iroth mengatakan, pemerintah tahun ini sudah memberikan bantuan ke petani untuk pengolahan minyak kelapa dalam skala kecil di tingkat petani. Bantuan akan dilanjutkan 2019 mendatang.

Hasilnya produk minyak kelapa sudah dipasarkan.

Ia mengakui harga minyak kelapa memang lebih mahal tapi minyak kelapa sesuai penelitian ternyata lebih sehat.

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved