Hasil Investigasi Awal KNKT atas Lion Air JT 610, Ada 6 Masalah sebelum Jatuh

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) kembali melakukan jumpa pers terkait investigasi awal dari jatuhnya pesawat Lion Air JT 610,

Hasil Investigasi Awal KNKT atas Lion Air JT 610, Ada 6 Masalah sebelum Jatuh
Tribunnews/Jeprima
Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bersama 4 orang tim investigasi National Transportation Safety Board (NTSB) Amerika Serikat dan pihak perusahaan Boeing 737 Max8 saat mendatangi dermaga JICT2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/11/2018). Kedatanga mereka untuk mengambil sampel serpihan pesawat Lion Air JT 610 untuk dilakukan investigasi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) kembali melakukan jumpa pers terkait investigasi awal dari jatuhnya pesawat Lion Air JT 610, PK LQP, Rabu (28/11/2018).

Berdasarkan laporan menit-menit terakhir sebelum pesawat jatuh di perairan Tanjung Karawang pada 29 Oktober lalu flight data recorder (FDR) merekam adanya perbedaan data sensor.

"Data dari Flight Data Recorder (FDR) merekam adanya perbedaan antara AoA (Angle of Attack) kiri dan kanan sekitar 20 derajat, yang terjadi terus menerus sampai dengan akhir rekaman," ungkap Kapten Nurcahyo Utomo, Kepala Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT yang dikutip dari BBC.

Baca: 5 Fakta tentang Stephen Hillenburg: Awal Mula Ciptakan SpongeBob

Sensor tersebut dapat memberikan data tentang sudut terkait hembusan angin melalui sayap.

Dari sensor AoA inilah pilot bisa mengetahui daya angkat pesawat saat itu.

KNKT juga mengatakan abhwa 11 menit sebelum dinyatakan jatuh, pilot telah bekerja keras untuk mengarahkan pesawat dan mengambil alih kendali pesawat yang menukik akibat sistem otomatis yang keliru.

Namun, pada akhirnya pilot dan co pilot kehilangan kendali sehingga pesawat menukik ke laut dengan kecepatan 724 km/jam.

Sebelum mengalami kendala tersebut, KNKT menyebutkan bahwa selama tiga hari sebelum pesawat jatuh, ada enam masalah yang telah dialami Lion Air PK LQP tersebut.

Baca: Deretan Foto Atlet Bulu Tangkis yang Ikut Tes CPNS 2018, Jonathan Christie hingga Liliyana Natsir

"Dari data perawatan pesawat, sejak tanggal 26 Oktober, tercatat ada enam masalah atau enam gangguan yang tercatat di pesawat ini," tambah Nurcahyo yang dikutip dari Kompas.com

"Ini yang tercatat dalam buku perawatan pesawat," tambahnya.

Nurcahyo mengatakan, temuan yang disampaikan KNKT hari ini merupakan laporan awal, yakni laporan yang didapat setelah 30 hari usai kejadian kecelakaan.

Laporan ini bukan merupakan kesimpulan tentang kecelakaan.

"Jadi ini adalah mengenai fakta, di dalamnya tidak ada analisis dan kesimpulan, karena faktanya belum semuanya terkumpul," kata dia.

TONTON JUGA:

TAUTAN AWAL, http://wow.tribunnews.com/2018/11/28/knkt-ungkap-investigasi-awal-lion-air-jt-610-tercatat-ada-6-masalah-sebelum-jatuh

Editor: Aldi
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved