KPOP

3 Bintang K-pop Terkenal yang Kini Menjadi Bos Agensi Besar di Korea Selatan

Terdapat tiga agensi besar yang mendominasi dunia hiburan di Korea Selatan. Mereka adalah SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment.

3 Bintang K-pop Terkenal yang Kini Menjadi Bos Agensi Besar di Korea Selatan
korea boo
Lee Soo Man dari SM Entertainment, Yang Hyun Suk dari YG Entertainment, dan Park Jin Young JYP Entertainment. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Terdapat tiga agensi besar yang mendominasi dunia hiburan di Korea Selatan. Mereka adalah SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment.

Nama-nama seperti Super Junior, BIGBANG, EXO, TWICE, BLACKPINK adalah beberapa di antara grup idola papan atas yang lahir dari tiga agensi berjuluk Big 3 tersebut.

Namun, siapa sangka bahwa para pimpinan masing-masing agensi Big 3 juga ternyata dulunya adalah penyanyi terkenal pada zamannya.

Baca: Ayah Zumi Zola, Zulkifli Nurdin Mantan Gubernur Jambi Dikabarkan Meninggal Dunia

Sebut saja Lee Soo Man, pimpinan SM Entertainment. Sebelum mendirikan agensi tersebut pada 1989, Soo Man melakukan debut sebagai penyanyi pada 1972.

Lagu-lagu hits-nya di antaranya “Happiness" dan “One Piece of Dream”. Selain bernyanyi, Soo Man juga merupakan seorang DJ dan presenter televisi kala itu.

Berikutnya ada Yang Hyun Suk, bos YG Entertainment. Puluhan tahun silam, Hyun Suk merupakan rapper dari boyband bernama Seo Taiji & Boys, salah satu grup K-pop terbesar pada era 1990-an.

Salah satu singel mereka yang terkenal adalah "Nan Arayo". Namun, boyband itu bubar pada 1996 dan para membernya menjadi solois. Pada 1998, Hyun Suk mendirikan YG Entertainment.

Terakhir adalah Park Jin Young, pimpinan JYP Entertainment. Park Jin Young pernah debut sebagai penyanyi solo pada 1994 dengan hits berjudul “Don’t Leave Me”.

Dua tahun sebelumnya, Jin Young tergabung dalam grup idola bernama Park Jin-Young and the New Generation, namun kurang sukses. Sejak debutnya, Park Jin Young sudah menelurkan tujuh album studio dan empat mini album

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bos 3 Agensi Besar di Korea Selatan Dulunya Bintang K-pop Terkenal"

Editor: Hans Koswara Widjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved