3 Batu dari Bulan Ini Bakal Dilelang Rp 15 Miliar

3 batu yang dibawa oleh misi ruang angkasa Soviet Luna 16 dari Bulan akan dilelang pada 29 November 2018 di Balai Lelang Sotheby.

3 Batu dari Bulan Ini Bakal Dilelang Rp 15 Miliar
Mashable
3 batu yang dibawa oleh misi ruang angkasa Soviet Luna 16 dari Bulan akan dilelang pada 29 November 2018 di Balai Lelang Sotheby. 

TRIBUNAMANADO.CO.ID - 3 batu yang dibawa oleh misi ruang angkasa Soviet Luna 16 dari Bulan akan dilelang pada 29 November 2018 di Balai Lelang Sotheby. 

Tiga batu bulan kecil yang dibawa dari angkasa oleh misi Soviet Luna 16 diperkirakan akan dijual hingga 1 juta dollar setara Rp 15 miliar pada akhir pekan ini.

Cassandra Hatton, wakil presiden dan spesialis senior untuk buku-buku dan manuskrip di rumah lelang Sotheby mengatakan kepada Fox News, penjualan 3 batu bulan tersebut sangat tidak biasa.

"Anda tidak dapat membeli atau menjual materi bulan kecuali Anda memiliki dokumentasi yang membuktikan bahwa itu dapat dimiliki oleh individu pribadi," katanya.

Baca: Persija Jakarta Ulang Tahun ke-90, Digelar Syukuran Sederhana

"Sejauh yang kami tahu, ini adalah satu-satunya materi bulan yang benar-benar memiliki dokumentasi itu, jadi itu adalah satu-satunya sampel bulan yang dapat dibeli secara sah oleh individu pribadi."

Ketiga batu itu diambil dari permukaan bulan pada tahun 1970.

Sampel batu bulan dihadirkan Nina Ivanova Koroleva, janda Sergei Pavlovich Korolev, mantan direktur program luar angkasa Soviet.

Batu-batu itu pernah dijual oleh Sotheby kepada kolektor Amerika anonim seharga 442.500 dollar pada tahun 1993.

Saat ini, 3 batu tersebut memiliki perkiraan pra-penjualan 700.000 dollar hingga 1 juta dollar dan akan dilelang pada 29 November 2018.

Baca: Kepribadian Kamu yang Sebenarnya Bisa Dilihat Lewat Pilihan 5 Es Krim Favorit Ini

Material yang terkait Bulan banyak peminatnya. Contohnya, tas berisi debu Bulan yang dibawa oleh astronot Apollo 11, Neil Armstrong, dijual oleh Sotheby sebesar 1,8 juta dollar.

Tas itu sebelumnya telah diidentifikasi dan dijual secara lelang oleh pemerintah secara online seharga 995 dollar. Namun, debu Bulan itu berujung di pengadilan.

Seorang perempuan dari Chicago menang dalam pengadilan tersebut. Dia berhadapan NASA, badan antarariksa Amerika Serikat, yang juga menginginkannya. (Fox News)

TONTON JUGA:

 
TAUTAN AWAL:, http://wartakota.tribunnews.com/2018/11/28/3-batu-yang-dibawa-penjelajah-ruang-angkasa-soviet-dari-bulan-bakal-dilelang-rp-15-miliar

Editor: Aldi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved