Pengambilan Mayat Turis AS, Polisi Hanya Bisa Mengelilingi Pulau

Kepolisian di Kepulauan Andaman dan Nicobar,India, tengah berupaya mengambil jenazah pria Amerika Serikat (AS) yang tewas dipanah suku pedalaman.

Pengambilan Mayat Turis AS, Polisi Hanya Bisa Mengelilingi Pulau
Suku Sentinel Utara (IST) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - John Allen Chau tewas dipanah Suku Sentinel yang mendiami Pulau Sentinel Utara ketika pergi ke sana sendirian pada 16 November.

John Allen Chau
John Allen Chau (NYT)

Kepolisian di Kepulauan Andaman dan Nicobar,India, tengah berupaya mengambil jenazah pria Amerika Serikat ( AS) yang tewas dipanah suku pedalaman.

Nelayan lokal yang membantu aksinya mengaku melihat suku yang disebut paling berbahaya di dunia itu menggotong jenazah Chau di pantai keesokan paginya (17/11/2018).

Baca: Misteri Kutukan Firaun: Karamnya Kapal Titanic Dianggap Sebagai Salah Satu Wujudnya

Direktur Jenderal Dependera Pathak mengatakan seperti dikutip AP via Hindustan Times Selasa (27/11/2018), saat ini pihaknya tengah berkonsultasi dengan antropolog.

Sebabnya, polisi perlu untuk mempelajari gestur bersahabat yang bisa dipakai untuk mendekati Suku Sentinel demi mengambil jenazah Chau.

"Kami memperhatikan dengan hati-hati apa saja yang mereka lakukan dan apa skenario yang bakal mungkin terjadi di masa depan," kata Pathak.

Baca: 4 Tanaman ini Bisa jadi Obat Ambeien, Jangan Buru-buru Operasi!

Antropolog dari Universitas Delhi PC Joshi memaparkan, biasanya mereka memberikan hadiah seperti kelapa dan pisang kepada suku tersebut.

"Namun, kontak dengan mereka tidak terlalu sering dilakukan. Malah, kunjungan ke pulau sudah dihentikan sejak beberapa tahun lalu," kata Joshi.

Sampai mereka mengetahui gestur yang tepat, Pathak mengatakan yang bisa jajarannya lakukan hanyalah mengelilingi pulau itu dan mengawasi mereka.

Baca: Tahun Depan Capil Gelar Nikah Massal

Sepanjang pekan lalu, polisi sudah dua kali mengitari Pulau Sentinel Utara dan melihat aktivitas suku yang diyakini hidup di sana sejak 50.000 tahun silam.

Suku Sentinel di Pulau Sentinel, Kepulauan Andaman, India.
Suku Sentinel di Pulau Sentinel, Kepulauan Andaman, India. (allthatsinteresting.com)
Halaman
12
Editor: Hans Koswara Widjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved