Kota di Tiongkok Terkena Badai Pasir Raksasa Setinggi 100 Meter

badai pasir yang terlihat seperti dinding pasir raksasa tersebut menghantam Kota Zhangye di provinsi Gansu pada Senin, 26 November 2018 lalu.

Kota di Tiongkok Terkena Badai Pasir Raksasa Setinggi 100 Meter
tribuntravel.com
Kota di Tiongkok Terkena Badai Pasir Raksasa Setinggi 100 Meter 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Badai pasir melanda sebuah kota di barat laut Tiongkok dengan volume pasir yang sangat besar dengan tinggi badai mencapai 100 meter.

Dilansir rte.ie badai pasir yang terlihat seperti dinding pasir raksasa tersebut menghantam Kota Zhangye di provinsi Gansu pada Senin, 26 November 2018 lalu.

Baca: Bertemu di Mako Brimob, Djarot Sebut Ahok Akan Gabung ke PDIP Jika Kembali ke Politik

Badai pasir yang menyerang provinsi Gansu tersebut terbang dengan kecepatan badai sekitar 17 meter per detik.

Akibat hantaman badai pasir tersebut, jarak pandang normal menurun menjadi kurang dari 100 meter pada beberapa bagian kota, lalu semua anggota kepolisian dikerahkan untuk memastikan keselamatan lalu lintas.

Media pemerintah setempat melaporkan bahwa akibat dari badai pasir tersebut telah memicu kebakaran di daerah pedesaan, memaksa lalu lintas melambat dan para warga terlihat menutupi wajah mereka dengan menggunakan syal.

Kebakaran di daerah pedesaan yang terjadi karena suhu panas yang dibawa pasir tersebut telah memicu banyak jerami menjadi terbakar.

Baca: Masalah Pita Suara, Justin Timberlake Tunda Konser di LA

Otoritas setempat juga memberikan himbauan peringatan dari udara panas, dan ancaman risiko kebakaran agar para warga mengambil tindakan pencegahan.

Badai pasir seperti itu melanda Zhangye secara teratur terjadi pada musim kemarau, hal ini disebabkan oleh angin yang bertiup lepas dari Padang Gurun Gobi menuju perkotaan.

Akibat dari badai pasir ini, seluruh perkotaan menjadi berwarna kekuningan akibat pasir yang tertinggal.

Baca: Jose Mourinho: Kalau Takut Main Kandang, Lebih Baik Diam di Rumah Saja

Sementara barat laut Tiongkok menghadapi badai pasir raksasa, Kota Beijing saat ini sedantg diselimuti kabut asap tebal, sehingga banyak orang memakai masker pelindung wajah.

Kantor berita Xinhua melaporkan, badai pasir raksasa yang menghantam barat laut Tiongkok ini akan berpindah menuju Beijing.

Pemerintah Tiongkok sebenarnya sudah menanam jutaan pohon yang bernama "Great Green Wall" di sepanjang perbatasan kota dengan Gurun Gobi untuk mengantisipasi terjadinya badai pasir yang terjadi setiap musim kemarau ini. 

Artikel di tribunmanado ini telah tayang di Tribuntravel.com dengan judul Badai Pasir Raksasa Setinggi 100 Meter Hantam Kota Zhangye, Gansu, Barat Laut Tiongkok

Editor: Hans Koswara Widjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved