Terjun Payung, Olahraga Eksklusif Sekaligus Menantang

Olahraga terjun payung adalah salah satu olahraga ekstrim yang sangat mengutamakan keselamatan para atlitnya.

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: Alexander Pattyranie
TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW
Pingkan Mandagi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Olahraga terjun payung adalah salah satu olahraga ekstrim yang sangat mengutamakan keselamatan para atlitnya.

Untuk itu setiap atlit perlu diperlengkapi peralatan yang terjun payung dengan kualitas terbaik sperti altimeter, jump suit, hingga satu set parasut yang harganya tidak main-main.

Seorang Atlit Terjun Payung Profesional asal Sulawesi Utara Pingkan Mandagi mengungkapkan bahwa biaya peralatan terjun payung memang mahal karena ini menyangkut keselamatan jiwa.

"Satu set peralatan terjun payung harganya bisa mencapai 100 juta rupiah, apalagi ditambah dengan alat Automatic Device yang gunanya bisa membuka parasut secara otomatis jika sudah mencapai ketinggian tertentu yang juga harganya lumayan mahal," ungkap Pingkan.

Selain peralatan parachuting, atlit terjun payung juga dituntut untuk mengikuti latihan di sekolah penerjun yang lokasinya berada di pulau Jawa.

"Untuk sekolah terjun payung ada di Nusawiru Paracenter Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dan jika ingin mengikuti latihan disana para calon atlit harus menyediakan budget sebesar 23 juta rupiah untuk 9 kali penerjunan dengan peralatan dan logistik sudah termasuk dalam satu paket tersebut," lanjut Pingkan Mandagi usai menyelenggarakan Kejuaraan Internasional Terjun Payung di Marina Plaza, Manado, Sulawesi Utara.

(Tribunmanado.co.id/Andreas Ruauw)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved