Seorang Jenderal Inggris Sebut Rusia Jauh Lebih Mengancam daripada ISIS

Jenderal Inggris menyebut Rusia adalah ancaman yang jauh lebih besar dibanding kelompok Negara Islam Irak dan Suriah ( ISIS).

Seorang Jenderal Inggris Sebut Rusia Jauh Lebih Mengancam daripada ISIS
CEN via Daily Mirror
Dua orang anggota Marinir Rusia tengah mencoba granat berpeluncur roket (RPG) dalam latihan militer yang digelar di Murmansk dengan suhu minus 30 derajat Celcius. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jenderal Inggris menyebut Rusia adalah ancaman yang jauh lebih besar dibanding kelompok Negara Islam Irak dan Suriah ( ISIS).

Dalam wawancaranya dengan The Telegraph, Jenderal Mark Carleton-Smith berkata Inggris dan sekutunya tidak bisa menampik begitu saja ancaman yang dilakukan Rusia.

Dikutip Radio Free Europe pekan lalu, dia merujuk kepada sejumlah kasus yang membuat tensi ketegangan antara Rusia dengan Barat meningkat.

Di antaranya pencaplokan wilayah Crimea dari Ukraina pada 2014, tuduhan intervensi dalam pemilihan umum Amerika Serikat (AS) dan negara Eropa lainnya.

Baca: 6 Fakta Terungkap di Balik Penemuan Makam Raja Mesir Tutankhamun

Maupun mantan agen ganda Sergey Skripal yang ditemukan tak sadar bersama putrinya, Yulia, karena diduga mereka terpapar racun saraf Novichok.

"Saat ini, Rusia jauh lebih mengancam keamanan nasional kami jika dibandingkan kelompok seperti Al Qaeda maupun ISIS," kata Carleton-Smith.

Kepala Staf Jenderal yang dilantik pada Juni itu menjelaskan, Kremlin telah memulai upaya eksplorasi dan eksploitrasi kerentanan Barat.

Mantan komandan pasukan khusus Inggris SAS itu menuturkan, saat ini ancaman dari kelompok ekstremis keagamaan di Timur Tengah mulai berkurang.

Baca: Kombes Argo Yuwono: Pengembalian Uang dari Pemuda Muhammadiyah Tak Hilangkan Pidana

Karena itu, jenderal berusia 54 tahun itu menegaskan agar Barat mulai fokus kepada ancaman yang terjadi di sektor siber maupun luar angkasa itu.

"Kami tidak bisa begitu saja meninggalkan ancaman yang mereka lontarkan tanpa memberikan tanggapan," papar Carleton-Smith.

Halaman
12
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved