Moms Wajib Tahu! Ini Cara Atasi Flu Dengan Cepat Tanpa Konsumsi Obat

Meski hujan tidak setiap hari datang, udara masih sering lembap. Keadaan ini akan memengaruhi tubuh kita, sebaiknya berhati-hati menjaga stamina

Moms Wajib Tahu! Ini Cara Atasi Flu Dengan Cepat Tanpa Konsumsi Obat
google
cara hindari flu saat musim hujan 

Moms Wajib Tahu! Ini Cara Atasi Flu Dengan Cepat Tanpa Konsumsi Obat

TRIBUNMANADO.CO.ID - Meski hujan tidak setiap hari datang, udara masih sering lembap. Keadaan ini akan memengaruhi tubuh kita. Sebaiknya kita tetap hati-hati dan menjaga stamina supaya tidak mudah terkena penyakit musiman.

Kalau tenggorokan mulai sakit, gatal sehingga batuk berkali-kali, juga bersin-bersin, berarti penyakit musiman seperti flu mulai mampir di tubuh kita.

Tiga gejala ini menjadi petunjuk kalau flu dan pilek sedang menyerang. Batuk yang menyertai flu sebetulnya merupakan cara tubuh mempertahankan diri dari adanya alergen atau barang asing yang masuk ke tubuh.

Dalam hal ini, alergen yang berupa virus itu bersarang di saluran napas. Tubuh lalu merespons dengan mengeluarkan lendir. Tak heran, di saat flu ada cairan yang keluar dari hidung.

Selain tiga gejala tersebut, serangan flu atau influenza juga ditandai adanya demam mendadak dengan suhu tubuh antara 38 sampai 40 derajat Celsius, disertai sakit kepala, nyeri otot, dan badan terasa lemah.

Terkadang disertai rasa mual, ingin muntah, dan diare. Keadaan ini membuat si sakit akan menderita dan tak ingin beranjak dari tempat tidur.  

Asal Moms tahu,  flu sangat mudah menyebar. Virus penyebabnya senang sekali berkeliaran ke segala arah, lewat cairan yang dikeluarkan penderita saat batuk dan bersin.

Penyakit yang menyerang saluran pernapasan atas ini biasanya berlangsung selama 3-5 hari. Namun, bisa lebih lama bila  kita tidak menjaga kondisi badan.

Menurut Prof. Dr. Iwan Darmansjah, Sp.Fk., farmakolog dari FKUI, flu dan pilek sebenarnya hanya perlu pengobatan sederhana. Si sakit harus banyak istirahat, dan tak boleh banyak bicara.Olahraga sebaiknya  dihentikan dulu.

Ilustrasi
Ilustrasi (NET)
Halaman
123
Editor:
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved