Ini 15 Tanda Kecerdasan, Apakah Anda Termasuk?

"Orang bodoh menganggap dirinya bijaksana, tapi orang bijak tahu bahwa dirinya bodoh." William Shakespeare

Ini 15 Tanda Kecerdasan, Apakah Anda Termasuk?
wikiHow
15 Tanda Kecerdasan, Apakah Anda Termasuk? 

"Orang bodoh menganggap dirinya bijaksana, tapi orang bijak tahu bahwa dirinya bodoh." Kutipan tulisan dari William Shakespeare dalam bukunya As You Like It itu agaknya benar.

Dalam studinya, psikolog sosial David Dunning dan Justin Kruger membenarkan apa yang ditulis Shakespeare. Fenomena ini sekarang dikenal dengan istilah efek Dunning-Kruger.

Dengan kata lain, jika tidak terlalu yakin dengan kecerdasan diri sendiri, bisa jadi itu adalah tanda bahwa sebenarnya Anda cukup cerdas dan bijaksana untuk menyadari keterbatasan yang dimiliki.

Di luar fenomena ini, setidaknya ada 15 tanda lain bahwa Anda mungkin cerdas tapi tak menyadarinya. Berikut 15 tanda tersebut dilansir dari Business Insider, Kamis (15/11/2018).

1. Belajar Alat Musik

Beberapa penelitian menemukan bahwa musik bisa membantu pikiran anak-anak untuk berkembang.

Studi tahun 2011, misalnya, menemukan bahwa skor kecerdasan verbal anak usia 4 hingga 6 tahun meningkat hanya setelah mereka belajar musik.

Contoh lain adalah penelitian tahun 2004 oleh Glenn Schellenberg. Di menemukan, IQ anak berusia 6 tahun yang belajar memainkan keyboar atau latihan vokal selama 9 bulan lebih berkembang dibanding anak lainnya.

2. Anak Pertama

Sebuah penelitian menyebutkan, anak sulung biasanya lebih cerdas. Tapi hal ini bukan perkara genetik.

Halaman
1234
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved