Breaking News:

Waspadai 6 Trik Pelaku Pelecehan Seksual

Pelaku pelecehan seksual selalu memiliki cara untuk memanipulasi calon korbannya. Perempuan maupun laki-laki memiliki peluang menjadi korban

Editor:
northdallasgazette.com
ilustrasi kekerasan seksual 24 November 2018 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pelaku pelecehan seksual selalu memiliki cara untuk memanipulasi calon korbannya. Baik perempuan maupun laki-laki memiliki peluang untuk menjadi korban pelecehan seksual. Namun, perempuan lebih banyak menjadi target pelecehan seksual dibandingkan laki-laki. Oleh karena itu, penting bagi perempuan untuk mengetahui apa saja trik yang biasanya dilakukan oleh para pelaku pelecehan seksual.

Baca: 5 Kesalahan Soal Kekerasan Seksual yang Sering Dipercaya Orang

Pelecehan seksual adalah perilaku atau perhatian yang bersifat seksual yang tidak diinginkan dan tidak dikehendaki.

Pelecehan biasanya mencakup pemaksaan untuk melakukan kegiatan seksual, menunjukkan alat kelamin pelaku pada korban secara paksa, hingga ucapan atau perilaku yang berkonotasi seksual.

Jika dibiarkan, pelecehan seksual bisa mengarah pada hal yang lebih serius yakni kekerasan seksual seperti perkosaan. Adapun pelaku biasanya memiliki beberapa trik untuk memanipulasi korban. Di antaranya adalah:

ilustrasi
ilustrasi

1. Menjebak korban

Hal pertama yang akan dilakukan oleh para penjahat seksual ialah mencari tempat sepi agar ia dan korban bisa berduaan untuk memudahkan aksinya. Di sinilah biasanya pelaku akan mengintimidasi dan menyudutkan korban.

Hal tersebut dilakukan bisa dengan cara mengajak  ke tempat sepi, sengaja mengadakan pertemuan di kamar hotel, atau sekadar mampir ke rumah calon korbannya dengan dalih ada sesuatu yang tertinggal atau ingin dibicarakan.

Intinya hal ini bertujuan untuk membuat korban dalam kondisi sendirian. Serangan selanjutnya yaitu mulai mendekati korban dengan memegang bagian tubuhnya. Bisa juga pelaku menghalangi jalan korban dan menggunakan badannya untuk lebih menyudutkan korban.

Hati-hati jika ada orang yang menggiring Anda pada kondisi di atas. Usahakan menolak ajakannya. Pastikan Anda berada dalam situasi yang ramai agar pelaku tidak memiliki kesempatan untuk melancarkan serangan tertentu yang mungkin mengarah pada pelecehan seksual.

2. Meyakinkan korban kalau tindakannya itu wajar

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved