Kasus Pembunuhan Khashoggi Tingkatkan Kekhawatiran Investor

Perekonomian Negara Arab Saudi terpengaruhi oleh kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi yang diduga melibatkan Pangeran Mohammed bin Salman (MBS)

Kasus Pembunuhan Khashoggi Tingkatkan Kekhawatiran Investor
theaustralian.com.au
Jamal Khashoggi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Perekonomian Negara Arab Saudi terpengaruhi oleh kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi yang diduga melibatkan Pangeran Mohammed bin Salman (MBS). Ini terlihat dari peningkatan kekhawatiran investor.

Dikutip dari CNN Business, Kamis (22/11/2018), kekhawatiran tersebut sudah terlihat sejak bulan lalu.

Kala itu, para investor dan eksekutif global memilih untuk tidak hadir pada acara investasi di Riyadh pasca pembunuhan Khashoggi di Kedutaan Besar Arab Saudi di Turki.

Baca: Akuisisi Freeport Masih Terkendala Izin Antitrust

Pasar saham Arab Saudi pun terkena imbasnya. Padahal, sejak awal tahun ini, pasar saham Arab Saudi merupakan salah satu yang terbaik di antara negara-negara berkembang, terlihat dari banjirnya arus modal yang masuk.

Sejak awal tahun 2018, indeks saham Tadawul menguat 17 persen. Namun, indeks saat ini hanya menguat 4 persen setelah kasus yang menimpa Khashoggi mengemuka.

Pada akhir pekan lalu, indeks Tadawul bahkan anjlok 2 persen menyusul laporan media bahwa asesmen CIA mengimplikasikan keterlibatan MBS dalam pembunuhan Khashoggi.

Baca: Ini Alasan Kekayaan Mark Zukerberg dan Jeff Bezos Menyusut

Investasi asing di pasar modal pun berbalik dalam beberapa bulan terakhir. Menurut data MEFIC Capital, hampir 165 juta dollar AS dana asing ditarik dari emiten-emiten Arab Saudi pada September 2018 atau sebelum ada kasus pembunuhan Khashoggi. 

Data Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), investasi asing langsung di Arab Saudi anjlok ke level 1,4 miliar dollar AS pada tahun 2017. Ini merupakan level terendah dalam 14 tahun terakhir.

Investor domestik pun dikabarkan bakal melarikan modal mereka dari Arab Saudi.

Baca: (VIDEO) Foto bersama Wartawan, Iriana Jokowi Rela Duduk Bersimpuh

JP Morgan mengestimasikan bahwa investor domestik bakal mengalihkan dana senilai 90 miliar dollar AS keluar dari Arab Saudi pada tahun ini.

Angka tersebut meningkat dibandingkan angka tahun 2017, yakni 80 miliar dollar AS. JP Morgan pun mempoyeksikan arus modal keluar lebih banyak lagi pada tahun 2019.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus Pembunuhan Khashoggi Bikin Investor Takut"

Editor: Hans Koswara Widjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved