Pabrik Gula Banjaratma Disulap Menjadi Rest Area

Sebut saja bangunan cagar budaya bekas Pabrik Gula (PG) Banjaratma di Kecamatan Bulakamba kabupaten Brebes saat ini sedang direnovasi.

Pabrik Gula Banjaratma Disulap Menjadi Rest Area
tribuntravel.com
Bekas Pabrik Gula sedang direnovasi menjadi rest area 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pabrik Gula (PG) Banjaratma di Kecamatan Bulakamba, Brebes yang sekarang telah disulap jadi rest area di ruas tol Pejagan-Pemalang KM 260.

Adanya ruas jalan tol Pejagan-Pemalang mempengaruhi pemanfaatan gedung atau bangunan di sekitar jalur tersebut.

Sebut saja bangunan cagar budaya bekas Pabrik Gula (PG) Banjaratma di Kecamatan Bulakamba kabupaten Brebes saat ini sedang direnovasi.

Bangunan yang didirikan pada masa Kolonial Belanda ini akan dijadikan lokasi rest area atau tempat istirahat dan pelayanan (TIP) tol di ruas tol Pejagan-Pemalang KM 260.

Baca: Daftar 113 Produk Kosmetik Berbahaya Ditarik BPOM

Nantinya rest area itu dibuat beberapa booth atau stan yang menjual produk UMKM dari Tegal dan Brebes.

Kepala Cabang Operasional PT Pejagan Pemalang Toll Road (PPTR), Ian Dwinanto, menuturkan pembangunan rest area itu atas usulan Pemda sehingga pembangunannya tidak bebarengan dengan pembangunan tol.

"Pembangunan rest area ini atas permintaan khusus dari pemda. Kepala daerah izin dan mengusulkan secara khusus ke Kementerian BUMN dan Kementerian PUPR lalu disetujui Presiden," kata Ian, Rabu 14 November silam.

Rest area ini dijadikan proyek percontohan pengelolaan rest area yang dilakukan BUMN dan merupakan rest area bernuansa heritage.

Baca: Admin Twitter TNI AU Pertanyakan Keaslian Akun Milik Suryo Prabowo, Ini Alasannya

Lahan pembangunannya merupakan milik perusahaan plat merah PT Perkebunan Nusantara (PTPN) dan pengelolaannya diserahkan ke PT Pembangunan dan Perumahan (PP).

"Jadi rest area ini merupakan joint venture semua BUMN. Rest area heritage yang merupakan satu-satunya di Indonesia," ujarnya.

Halaman
123
Editor: Hans Koswara Widjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved