Produksi Serat Kelapa Sudah Diekspor Mancanegara

Produksi serat kelapa Indonesia kini sudah diekspor ke mancanegara, salah satunya ke China. Kualitas serat yang dihasilkan sudah sangat baik

Produksi Serat Kelapa Sudah Diekspor Mancanegara
kompas.com
Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop), Abdul Kadir Damanik di Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/11/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - "Sebagian kecil serabut kelapa di koperasi daerah Pengandaran (Jawa Barat) sudah diekspor ke China," kata Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop), Abdul Kadir Damanik di Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/11/2018).

Produksi serat kelapa Indonesia kini sudah diekspor ke mancanegara, salah satunya ke China. Kualitas serat yang dihasilkan sudah sangat baik dan memenuhi kualifikasi.

Baca: (VIDEO) Terkait Isu Pengaturan Skor, Supardi Nasir Didukung Rekannya yang Bermain di Klub Malaysia

Abdul mengatakan, serat kelapa yang diekspor ini kemudian diolah menjadi barang dan produk yang bernilai tinggi. Misalnya saja menjadi kasur dan barang lainnya.

Ini tentu menjadi peluang bagi petani yang tergabung dalam Usaha Kecil Menengah (UKM) dan koperasi di Tanah Air.

"Kita melihat kelapa ini mempunyai potensi yang begitu besar, tapi permasalahan kita produksinya (pemanfaatan) yang sangat rendah," ungkapnya.

Adanya potensi ini, pemerintah melalui Kemenkop dan UKM mendorong dan berupaya agar para petani untuk bisa menggarap peluang bisnis ini dengan maksimal.

Baca: Aksi Lucu Raphael Moeis Curi Perhatian, Saat Tak Mau Lepas dari Pelukan sang Paman

Meski sudah diekspor, minat industri dalam negeri juga tak kalah. Kini sudah ada perusahaan yang tertarik dan mau menampung serat yang dihasilkan petani melalui UKM-UKM dan Koperasi, salah satunya PT Rekadya Multi Adiprima (RMA) yang merupakan mitra Astra Ventura.

Kendati demikian, Abdul tidak menyebutkan berapa benyak serat kelapa asal Pangandaran yang sudah diekspor. Akan tetapi, kata dia, dalam perjalanannya semakin meningkat.

Kemenkop juga akan mendorong UKM dan Koperasi menggarap peluang bisinis serat kelapa yang bahan dasarnya begitu melimpah. Sebab, potensi di sektor ini sangat tinggi dan menjanjikan.

"Makanya kita undang setiap instansi (dalam FGD) yang nantinya akan terlibat. Ada beberapa instansi yang datang, supaya ini bisa jalan semua," imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Serat Kelapa Indonesia Sudah Diekspor ke China",

Editor: Hans Koswara Widjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved