Mendadak Jokowi Cek Harga di Pasar: Temukan Harga Beras Naik Sedikit

Presiden Joko Widodo tak pernah lepas dari kebiasaan blusukan ke pasar ketika melakukan kunjungan kerja.

Mendadak Jokowi Cek Harga di Pasar: Temukan Harga Beras Naik Sedikit
antara
Presiden Joko Widodo (kelima kiri) berfoto dengan warga ketika mengunjungi Pasar Sidoarjo, Lamongan, Jawa Timur, Senin (19/11/2018). Presiden mengatakan harga kebutuhan pokok normal. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LAMONGAN - Presiden Joko Widodo tak pernah lepas dari kebiasaan blusukan ke pasar ketika melakukan kunjungan kerja ke sebuah daerah. Begitu pula ketika berkunjung ke Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Senin (19/11).

Saat di Lamongan, Jokowi meresmikan Masjid Ki Bagus Hadi Kusumo, peletakan batu pertama pembangunan tower 15 lantai Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Lamongan, dan penyerahan SK, termasuk SK untuk 6 Universitas Muhammadiyah se-Indonesia di Lamongan.

Dalam jadwal acara, setelah acara di Unmuh Lamongan, seharusnya langsung menuju Unmuh Sidoarjo. Ternyata Jokowi mendadak mengajak mampir belanja ke Sidoharjo, Kecamatan Sukorejo.

"Oh ya, ini biasa ke pasar. Ini saya ngecek harga-harga," kata Joko Widodo. Menurutnya, ketika mengunjungi pasar di Bogor, harga cabai di atas Rp 30 ribu per kilogram. Sedang saat belanja di Pasar Sidoharjo, harganya sudah turun.

"Ini saya tadi beli harganya sudah turun Rp 17 ribu per kilogram," katanya. Presiden berharap harga tidak terlalu tinggi namun juga tidak terlalu rendah. Kalau harganya terlalu rendah, kasihan petaninya.

Manakala harga terlalu tinggi, kasihan masyarakat sebagai konsumen. "Tadi itu yang turun adalah harga cabai, sedang beras naik dikit. Dikit banget," ungkapnya.

Jokowi kemudian mengutip penjelasan Gubernur Jatim Soekarwo. "Tadi Pak Gubernur juga telah menyampaikan inflasi di Jatim 1,78 persen, ini sangat stabil," katanya.

Stabilitas harga di Jatim masih bisa di jaga. Secara nasional juga di bawah 3,5 persen, itu artinya harga harga kebutuhan pokok terkendali. "Jangan diambil harga satu barang pas naik , karena naik turun harga itu merupakan hal biasa," katanya.

Pihaknya optimis, inflasi kebutuhan pangan di tingkat nasional di bawah 3,5 persen sampai akhir tahun 2018. Saat melakukan kunjungan ke psara itu suasana cenderung ramai. Jokowi juga sempat membeli sawo, kacang tanah, cabai, dan wortel.

Selain itu Presiden memborong telur asin dan cecek (kulit sapi). Ibu Negara, Iriana, juga membeli pepaya, kacang, dan telur asin. Seorang pedagang buah, Rahayu mengaku senang karena dagangannya dibeli Presiden. " Nggih seneng, seneng banget," kata Rahayu.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved